E-N-G (new english Generation) Aducation by awingsanara

Jumat, 25 Februari 2011


E-N-G Book
                               Cara mengubah dari kalimat pernyataan menjadi kalimat bertanya :
                               Kalimat Nominal :
                                                           
                                                                        ada



The book was on  the table (Kalimat pernyataan)
The book was on the table (Kalimat pernyataan)
Was
The book on the table? (Kalimat pertanyaan)
                              
                               Apakah
                                                                                   
                               Kalimat Verbal yang kata kerjanya beraturan (regular verb) :

They worked yesterday (kalimat pernyataan)
They worked yesterday (kalimat pernyataan)
Did
They work yesterday?(kalimat pernyataan)

                               Apakah

                               Kalimat Verbal yang kata kerjanya tidak beraturan (irregular verb) :

They took the book yesterday (kalimat pernyataan)
They took yesterday (kalimat pernyataan)
Did
they take the book yesterday? (kalimat pertanyaan)
                                   
                               Apakah

                        KATA KERJA TIDAK BERATURAN (IRREGULER VERB)
Sesuai dengan namanya kata kerja ini memang tidak memiliki aturan yang bisa diterapkan secara menyeluruh, walaupun huruf akhir dari kata-katanya sepertinya termasuk kedalam aturan pada perubahan kata kerja beraturan. Namun sebenarnya tidak. Jadi kita memang harus mengetahui bnetuk perubahannya kata demi kata. Berikut ini beberapa contoh :
VERB I
VERB II
VERB III
Arti
eat
fall
drink
meet
write
read
hold
go
come
leave
see
make

ate
fell
drank
met
wrote
read
held
went
came
left
saw
made

eaten
fallen
drunk
met
written
read
held
gone
come
left
seen
made

makan
jatuh
minum
bertemu
menulis
membaca
memegang
pergi
dating
meninggalkan
melihat
mambuat


VERB I
VERB II
VERB III
Arti
do
speak
tell
buy
think
teach
sleep
cut
bring
steal
break
feel
send
run
understand
say
pay
sell
did
spoke
told
bought
thought
taught
slept
cut
brought
stole
broke
felt
sent
ran
understood
said
paid
sold
done
spoken
told
bought
thought
taught
slept
cut
brought
stolen
broken
felt
sent
run
understood
said
paid
sold
melakukan
berbicara
mengatakan
membeli
berpikir/memikirkan
mengajar
tidur
memotong
membawa
mencuri
mematahkan, pecah
merasa
mengirim
lari
paham, mengerti
berkata
membayar
menjual


(1)    Kalimat Verbal Dalam Bentuk Future Tense
A.  PENGGUNAAN KALIMAT
       Kalimat verbal dalam bentuk ini digunakan untuk :
►     Menyatakan perbuatan, kejadian atau peristiwa  yang AKAN terjadi pada saat tertentu diwaktu yang akan datang.
      

           
                 KETERANGAN WAKTU :
                 Next …….                            :      ……nanti,…… depan, …….mendatang
                 Next week                           :      minggu depan
                 Next year                             :      tahun depan
                 Next Sunday                       :      hari Minggu depan
                 Tonight                               :      malam nanti
                 Next two days                    :      dua hari kedepan
                 The day after tomorrow    :      lusa
                 Tomorrow                           :      besok
                
      



B.   POLA/SUSUNAN KALIMAT.
Dalam susunannya kalimat ini menggunakan kata kerja I (verb I) sebagai predikat yang diletakkan setelah kata kerja bantu yang berarti akan (auxiliary will/shall atau to be going to ). Untuk subjek I (saya) dan We (kami/kita) diikuti oleh shall subjek lainnya diikuti oleh will. Tapi dalam bahasa Inggris modern kita sering menjumpai I (saya) dan we (kami/kita) juga menggunakan will.

(a)      Kalimat Pernyataan (Affirmative/ Positive)


`                       Pola kalimat   ►  Subjek+ will/shall/to be going to + Verb 1 + Objek + Adverb



Subjek

Shall/will/to be going to +
 Verb 1


Objek


Adverb
I
shall study
English
at  Aldios  English Course 
Saya
akan belajar
Bahasa Inggris
di  Aldios  English Course
You
will read 
English book
tomorrow
Kamu
akan membaca
buku bahasa Inggris
besok
We
shall cook
vegetable
for lunch
Kami
akan memasak
sayur
untuk makan siang
They
are going to write
a short paragraph
next week
Mereka
akan menulis
paragraph pendek
minggu depan

(b)    Kalimat Bertanya (Interrogrative/question)



                        Pola kalimat
                        ►       Shall/Will + SUBJEK+ VERB 1 + OBJEK + ADVERB?

                        ►       to be + SUBJEK+ going to VERB 1 + OBJEK + ADVERB?

Shal
/ will

Subjek

Verb 1/ going to Verb 1

Objek

Adverb
Shall
I
study
English
next week?
Akankah
saya
belajar
Bahasa Inggris
minggu depan?
Will
you
read 
English book
tomorrow?
Akankah
kamu
membaca
buku bahasa Inggris
besok?
Are
we
going to cook
vegetable
for lunch?
Akankah
kami
memasak
sayur
untuk makan siang?
Will
they
write
a short paragraph
tomorrow morning?
Akankah
mereka
menulis
Paragraph pendek
besok pagi?


(c)  Kalimat menidakkan (Negative)


                     Pola kalimat
                     ►   Subjek+ shall/will not / be not going to + VERB 1 + OBJEK + ADVERB
(a)            

Subjek
Shall
/ will + not /be not going to

Verb 1


Objek


Adverb
I
shall not
study
English
next week
Saya
tidak akan
belajar
Bahasa Inggris
minggu depan
You
are not going to
read 
English book
tomorrow
Kamu
tidak akan
membaca
buku bahasa Inggris
besok
We
shall not
cook
vegetable
for lunch
Kami
tidak akan
memasak
sayur
untuk makan siang
They
will not
write
a short paragraph
tomorrow morning
Mereka
tidak akan
menulis
Paragraph pendek
besok pagi

(d)   Kalimat Bertanya Menidakkan (Negative/question)


                     Pola kalimat
                        ►       Shall/Will not + SUBJEK+ VERB 1 + OBJEK + ADVERB?


                        ►       to be not + SUBJEK+ going to VERB 1 + OBJEK + ADVERB?

Shall/will not
/ to be not
SUB
JEK

VERB 1

OBJEK

ADVERB
Shall not
I
study
English
next week?
Tidakkah
saya
akan belajar
Bahasa Inggris
minggu depan?
Will not
you
read 
Science book
tomorrow?
Tidakkah
kamu
akan membaca
buku sains
besok?
Shall not
we
cook
vegetable
for lunch?
Tidakkah
kami
memasak
sayur
untuk makan siang?

                               Penting!!!
                               Cara mengubah dari kalimat pernyataan menjadi kalimat bertanya :
                              
                               Kalimat Nominal :
                                                           
                                                        akan       
                              

The  boy will be right there (kalimat pernyataan)
The  boy will be right there
Will
the boy be right there? (kalimat pertanyaan)
                                   
                               Apakah ….. akan/akankah                                             
                                               
                               Kalimat Verbal yang kata kerjanya beraturan (regular verb) :
                                                        akan       
                              

The  boy will  keep the secret (kalimat pernyataan)
The boy will  keep the secret
Will
the boy  keep the secret? (kalimat pertanyaan)
                                   
                               Apakah ….. akan/akankah         

(2)    Kalimat Verbal Dalam Bentuk Present Continuous Tense
Kalimat ini digunakan untuk menyatakan suatu kejadian atau peristiwa yang sedang terjadi / berlangsung disaat si pembicara membicarakannya.Kata sedang dalam hal ini ditandai dengan akhiran -ing yang digabung tulisannya dengan verb 1.
Contoh :
read (membaca) + ing                       reading (sedang membaca)
cook (memasak) + ing                       cooking (sedang memasak)

untuk lebih jelasnya perhatikan cara penambahan akhiran –ing seperti berikut ini :
(a)    Apabila kata kerja berakhiran dengan huruf e, maka huruf e dihilangkan terlebih dahulu baru ditambah –ing.
take                        taking
make                     making
(b)    Apabila kata kerja berakhiran ie maka ie harus dganti dengan y baru boleh ditambah akhiran –ing
       contoh :
die                          dying
lie                           lying
(c)  Apabila kata kerja berkhiran huruf mati (consonant) tunggal didaului oleh huruf hidup (vowel), maka kita harus menggandakan huruf terakhir tersebut baru ditambah dengan akhiran –ing.
Contoh :
stop                        stopping
run                         running
(d)    Apbila kata kerja tidak termasuk kedalam kategori diatas langsung ditambah akhiran –ing.
Contoh :
start                      starting
work                     working

           
                 KETERANGAN WAKTU :
                 Now                                     :      sekarang
                 Right now                           :      sekarang juga
                 This moment                      :      saat ini
                
POLA/SUSUNAN KALIMAT.
Dalam susunannya kalimat ini menggunakan kata kerja I (verb I) ditambang akhiran –ing sebagai predikat yang diletakkan setelah kata kerja penghubung (relational verb/verb to be). Pemakaian to be dengan subjek yang selaras lihat pada kalimat nominal dalam bentuk simple present.  

(b)     Kalimat Pernyataan (Affirmative/ Positive)


`                       Pola kalimat   ►      SUBJEK+ verb to be + VERB 1 + ing + OBJEK + ADVERB


Subjek

Verb to be

VERB 1 + ing

Objek

Adverb
I
am
studying
English
now
Saya

sedang belajar
Bahasa Inggris
sekarang
You
are
reading 
English book
now
Kamu

sedang membaca
buku bahasa Inggris
sekarang
We
are
cooking
vegetable
for lunch
Kami

sedang memasak
sayur
untuk makan siang
They
are
writing
a short paragraph
this moment
Mereka

sedang menulis
paragraph pendek
Saat ini.

(b)    Kalimat Bertanya (Interrogrative/question)


                        Pola kalimat ►       Verb to be + SUBJEK+ VERB 1 + ing+  OBJEK + ADVERB?
(3)            
Verb
to be

Subjek

Verb 1 + ing

Objek

Adverb
Am
I
studying
English
now
Apakah
saya
belajar
Bahasa Inggris
sekarang?
Will
you
reading 
English book
Now?
Apakah
kamu
membaca
buku bahasa Inggris
sekarang?
Are
we
cooking
vegetable
for lunch?
Apakah
kami
memasak
sayur
untuk makan siang?
Will
they
writing
a short paragraph
this moment?
Apakah
mereka
menulis
Paragraph pendek
saat ini?


(c)  Kalimat menidakkan (Negative)


                     Pola kalimat ►  SUBJEK+ verb to be +  not + VERB 1 + ing + OBJEK + ADVERB
(c)            


Subjek

Verb to be + not


Verb 1 + ing



Objek


Adverb
I
am not
studying
English
now
Saya
tidak
sedang belajar
Bahasa Inggris
sekarang
You
are not
reading 
Science book
now
Kamu
tidak
sedang membaca
buku sains
sekarang
We
are not
cooking
vegetable
for lunch
Kami
tidak
sedang memasak
sayur
untuk makan siang
They
are not
writing
a short paragraph
this moment
Mereka
tidak
sedang menulis
paragraph pendek
Saat ini.

(d)   Kalimat Bertanya Menidakkan (Negative question)


                     Pola kalimat ►  Verb to be + not + SUBJEK+ VERB 1 + ing + OBJEK + ADVERB?
(d)            
Verb
to be

Subjek

Verb 1 + ing

Objek

Adverb
Am not
I
studying
English
now?
Tidakkah
saya
sedang belajar
Bahasa Inggris
sekarang?
Are not
you
reading 
Science book
Now?
Tidakkah
kamu
sedang membaca
buku sains
sekarang?
Are not
we
cooking
vegetable
for lunch?
Tidakkah
kami
Sedang memasak
sayur
untuk makan siang?

(5)    Kalimat Verbal Dalam Bentuk Present Perfect Tense
A.   PENGGUNAAN KALIMAT
Kalimat ini digunakan untuk menyatakan suatu kejadian atau peristiwa yang telah terjadi di waktu lampau dan masih berlangsung sampai saat si pembicara membicarakannya. Kata telah dalam hal ini ditandai dengan pemakaian kata have / has yang diletakkan sebelum verb 3 dan disesuaikan dengan subjek.
Contoh :
I have read (telah membaca) since 9 o’oclok
She has cooked (telah memasak) for two hours.                      





KETERANGAN WAKTU :
Since ….                    :    sejak …
Since 9 o’clock         :   sejak jam 9
Since yesterday        :    sejak kemarin
Since Last week       :    sejak minggu lalu
Since Monday           :     sejak hari Senin
For …                         :     selama …..
For two days             :     selama dua hari
For a week                :     selama seminggu
For two months        :     selama dua bulan

Bentuk kalimat ini terdiri dari dua kelompok :
                 Susunan kalimat yang hanya menggunakan kata have (telah). Subjek yang mendahului kata have ini adalah : I, you, we, they dan kata ganti (pronoun) lain yang bias digantikan dengan I, you, we dan they.(lihat hal 3)

B.   POLA/SUSUNAN KALIMAT.
(1)  Kalimat Yang menggunakan have.
Dalam susunannya kalimat ini menggunakan kata kerja III (verb 3) sebagai predikat yang diletakkan setelah kata bantu have (telah). Bentuk kata kerja ke-3 ini (kata kerja beraturan) bisa dilihat cara pembentukannya pada halaman  14 dan 15 sedangkan kata kerja tidak beraturan contohnya  pada halaman 16. Berikut ini adalah bentuk atau susunan kalimat present perfect tense.

(a)     Kalimat Pernyataan (Affirmative/ Positive)


`                            Pola kalimat   ►      SUBJEK+ have + VERB 3 + OBJEK + ADVERB


Subjek


have

Verb 3

Objek

Adverb
I
have
studied
English
since 8 o’oclock  
Saya
telah
telah belajar
Bahasa Inggris
sejak jam 8
You
have
read 
English book
For two hours
Kamu
telah
telah membaca
buku bahasa Inggris
Selama dua jam
You
Have
Cooked
vegetable
for lunch
Kalian
telah
telah memasak
sayur
untuk makan siang
They
have
written
a short paragraph

Mereka
telah
telah menulis
paragraph pendek


(b)    Kalimat Bertanya (Interrogrative/question)


                        Pola kalimat ►       Have + SUBJEK+ VERB 3 +  OBJEK + ADVERB?
(6)            

Have

Subjek

Verb 3



Objek


Adverb
Have
I
studied
English
since 8 o’oclock  
Apakah
saya
telah belajar
Bahasa Inggris
sejak jam 8
Have
you
read 
English book
for two hours
Apakah
kamu
telah membaca
buku bahasa Inggris
Selama dua jam
Have
you
Cooked
vegetable
for lunch
Apakah
kalian
telah memasak
sayur
untuk makan siang
have
they
written
a short paragraph

Apakah
mereka
telah menulis
Paragraph pendek


(c)  Kalimat menidakkan (Negative)


                     Pola kalimat ►  SUBJEK+ have +  not + VERB 3 + OBJEK + ADVERB
(e)            

Subjek


Have + not

Verb 3

Objek

Adverb

I
have not
studied
English
since 8 o’oclock  
Saya
belum
telah belajar
Bahasa Inggris
sejak jam 8
You
have not
read 
Science book
for two hours
Kamu
Belum
telah membaca
buku sains
Selama dua jam
You
have not
cooked
vegetable
for lunch
Kalian
Belum
telah memasak
sayur
untuk makan siang
They
have not
written
a short paragraph

Mereka
belum
telah menulis
paragraph pendek


(d)   Kalimat Bertanya Menidakkan (Negative/question)


                     Pola kalimat ►  Have + not + SUBJEK+ VERB 3 + OBJEK + ADVERB?
(f)            

Have not

Subjek

Verb 3

Objek

Adverb

Have not
I
studied
English ?

belumkah
saya
telah belajar
Bahasa Inggris?

Have not
you
read 
Science book?

Belumkah
kamu
telah membaca
buku sains ?

Have not
you
cooked
vegetable
for lunch?
Belumkah
kalian
telah memasak
sayur
untuk makan siang?




(2)  Kalimat yang menggunakan has
Susunan kalimat yang hanya menggunakan kata has (telah). Subjek yang mendahului kata has ini adalah : He, She, It, dan kata ganti (pronoun) lain yang bisa digantikan dengan he, dan it.(lihat hal 4). Dalam susunannya kalimat ini menggunakan kata kerja III (verb 3) seperti susunan kalimat sebelumnya sebagai predikat tapikata bantu yang dipakai adalah has (telah).  

(a)    Kalimat Pernyataan (Affirmative/ Positive)


`                       Pola kalimat   ►      SUBJEK+ has + VERB 3 + OBJEK + ADVERB



Subjek


has

Verb 3

Objek

Adverb

He
has
studied
English
since 8 o’oclock  
Dia
telah
telah belajar
Bahasa Inggris
sejak jam 8
She
has
read 
English book
For two hours
Dia
telah
telah membaca
buku bahasa Inggris
Selama dua jam

(b)    Kalimat Bertanya (Interrogrative/question)


                        Pola kalimat ►       Has + SUBJEK+ VERB 3 +  OBJEK + ADVERB?
(3)            

Has

Subjek

Verb 3


Objek

Adverb
Has
he
studied
English
since 8 o’oclock ?
Apakah
dia
telah belajar
Bahasa Inggris
sejak jam 8?
Has
she
read 
English book
For two hours?
Apakah
dia
telah membaca
buku bahasa Inggris
Selama dua jam?

(c)     Kalimat menidakkan (Negative)


                        Pola kalimat SUBJEK+ has +  not + VERB 3 + OBJEK + ADVERB
(g)            

Subjek

has + not

Verb 3

Objek

Adverb

He
has not
studied
English
since 8 o’oclock  
Dia
belum
telah belajar
Bahasa Inggris
sejak jam 8
She
has not
read 
English book
For two hours
Dia
belum
telah membaca
buku bahasa Inggris
Selama dua jam


(d)   Kalimat Bertanya Menidakkan (Negative/question)


                     Pola kalimat ►  Has  not + SUBJEK+ VERB 3 + OBJEK + ADVERB?
(h)            

Has not

Subjek

Verb 3

Objek

Adverb

Has not
he
studied
English
since 8 o’oclock  ?
belumkah
dia
belajar
Bahasa Inggris
sejak jam 8?
Has not
she
read 
Science book?

Belumkah
dia
membaca
buku sains ?


I.       MODAL AUXILIARIES
Modal Auxiliary adalah kata kerja yang mendampingi kata kerja lain. Yang termasuk modal auxiliary adalah :
                            may, will, should, can dan must

1.    May = ( boleh, mungkin)
Kata ini berfungsi untuk :
a.    Mengajukan permintaan secara secara halus
Contoh :
Viona               :    May I bring my cat back, Doctor?
                             Bolehkan saya membawa pulang kucing saya, Dokter?
Doctor              :    Yes, absolutely           
                             Ya, tentu saja.

b.    Memberikan izin resmi
Contoh :
Ok kids, you may walk around now and be careful.
(baiklah anak-anak, kalian boleh berkeliaran sekarang dan berhati-hatilah).

c.    Memberikan informasi yang memiliki kepastian yang kurang dari 50 %.
Contoh :
Abdel               :    Where is my comic? (Dimana komikku?)
Temon             :    Oh, it may be in my bag.
                             (Oh, mungkin ada di dalam tasku)


                   Cintya             :    Who is that girl, Roy? (Siapa gadis itu?)
                   Roy                 :    She may be Nita. Gilang’s cousin.
                                               (Dia mungkin Nita. Sepupu Gilang.

2.    Can = (bisa, dapat, boleh kah)
Kata ini berfungsi untuk :
a.    Menunjukkan kemampuan
Abdan can drive a car well. (Abdan bias  mengendarai mobil dengan baik)

b.    Permintaan tidak resmi (informal request)
      Contoh :
      Laily                :    Oh, it rains. Can I borrow your umbrella?
                                  (Oh hari hujan. Bolehkah saya pinjam payungmu?)
      Andre              :    ok. (baiklah).

3.    Will = (akan, mau, maukah)
Kata ini berfungsi untuk :
a.   Menunjukkan kehendak (willingness)
      contoh :
      Willy                :    This assignment is difficult . (Tugas ini sulit)
      Susan             :    Don’t worry. I will help you.
                                  (Jangan khawatir, aku akan membantumy).

b.   Menunjukkan permintaan yang sopan
      Contoh :
      Will you come     to my birthday tomorrow night?
      (Maukah kamu dating ke ulang tahunku besok malam?)

4.    Should = (sebaiknya, pasti)
Kata ini berfungsi untuk :
a.   Menyarankan (advisability)
      Contoh :
      She is a nice girl. You should be a good friend for her.
      (Dia seorang gadis yang baik. Kamu sebaiknya menjadi teman yang baik bagi dia)


b.   Menunjukkan 90 % kepastian (90 % certainty)
       Contoh :
      Bonita has trained herself for this championship. She should do the best.
(Bonita telah melatih dirinya sendiri untuk kejuaraan ini. Dia pasti melakukan yang terbaik.

5.    Must = (harus, tidak boleh, pasti)
Kata ini berfungsi untuk :
a.   Menunjukkan keharusan (Strong necessity)
      Contoh :
There will be Englishtest tomorrow. I must study now. ( besok ada ujian bhasa Inggris, aku harus belajar sekarang)

             b.   Memberikan larangan (prohibition)
                   Contoh :
You mustn’t touch that knife. It is sharp. (Kamu tidak boleh menyentuh pisau itu.Itu tajam)

             c.   Memberikan kepastian lebih dari 90 %
                   Contoh :
                   She must  be a good woman because she always helps others.
                   (Dia pasti seorang wanita yang baik karena dia selalu menolong orang lain)

6.    Ought to =(sebaiknya, mungkin, harus)
Kata ini berfungsi untuk :
a.   Memberikan saran
      Contoh :
      You oght to see a doctor about your headache. (Kamu sebaiknya  memeriksakan sakit kepalamu ke dokter).

b.   Menyatakan kenmungkinan
      Contoh :
      He went to school early this morning, so he ought to be in the class now.
      (Dia pergi ke sekolah lebih pagi tadi, jadi dia mungkin ada di kelas sekarang)


c.   Menyatakan keharusan (obligation)
                   Contoh :
                   You ought to say sorry for your mistake right now.
                   (kamu harus minta maaf atas kesalahanmu sekarang juga).

                   Catatan : Ought to = should.
            
7.    Could = (dulu dapat/dulu bisa, dapatkah/bolehkah, makanya, mungkin
Kata ini berfungsi  untuk :
a.  Menyatakan kemampuan (dapat/bisa) di masa lampau dan tidak bisa lagi dilakukan sekarang.
     Contoh :
     When I was kid, I could sleep in that box.
      (Waktu saya kecil saya dapat tidur dalam kotak itu.)

b.   Menyampaikan permintaan        
      Contoh :
      Could you tell me the truth? (Bisakah kamu memberitahu saya yang sebenarnya?)

c.   Menyatakan akibat
      Contoh :
      The journey made me very tired, I could have slept for days.
      (perjalanan itu membuat aku lelah, makanya aku tidur seharian)

d.    Menyatakan kemungkinan
Contoh :
You could be right. (Kamu mungkin saja benar)

e.    Mengindikasikan saran.
You could ask him you nstudy with us. (Kamu dapat memintanya belajar bersama kiat).

8.    Was able / were able to = (dapat)
Kata ini berfungsi untuk menyatakan kemampuan di waktu lampau dan masih mungkin untuk dilakukan di saat sekarang.
Contoh :
I was able to speak English. (saya dapat berbicara dalam bahasa Inggris).

Susunan Kalimat

KALIMAT

may
(+) s + may + verb 1 + ….
(-) s + may not + verb 1 + …
(?) May + s + verb 1 + …. ?

can
(+) s + can + verb 1 + ….
(-) s + can not + verb 1 + …
(?) Can + s + verb 1 + …. ?

will
(+) s + will + verb 1 + ….
(-) s + will not + verb 1 + …
(?) Will + s + verb 1 + …. ?

should
(+) s + should + verb 1 + ….
(-) s + should not + verb 1 + …
(?) Should + s + verb 1 + …. ?

must
(+) s + must + verb 1 + ….
(-) s + must not + verb 1 + …
(?) Must + s + verb 1 + ….. ?

ought to
(+) s + ought to + verb 1 + ….
(-) s + ought not to + verb 1 + …
(?) ought + s + to verb 1 + …?.

could
(+) s + could + verb 1 + ….
(-) s + could not + verb 1 + …
(?) Could+ s + verb 1 + …. ?

was able to
(+) s (I, he, she, it) + was + able to + verb 1 + ……
(-)s (I, he, she, it) + was not + able to + verb 1 + ……
(?) was + s (I he, she, it) + able to + verb 1 + …?

were able to
(+) s (You, we, they) + were + able to + verb 1 + ……
(-)s (You, we, they) + were not + able to + verb 1 + ……
(?) were + s (You, we, they) + able to + verb 1 + …?

            Modal dalam Bentuk singkat (Contractions)
Positive
Contraction
Negative
Contraction
will
‘ll
will not
won’t
shall
‘ll
shall not
shan’t
can

can not
can’t
could

could not
couldn’t
should

should not
shouldn’t
must

must not
mustn’t
III.   KALIMAT PERINTAH (IMPERATIVE)
       Dari berbagai macam kalimat, kalimat perintah adalah kalimat paling sederhana yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Kalimat ini tidak menggunakan subjek, jadi langsung kata kerja saja kadang-kadang ditambah objek atau keterangan. Berdasarkan bentuk perintahnya kalimat ini terbagi menjadi :
(1)  Kalimat Perintah positif  (+) / menyuruh
Susunan Kalimatnya terbgai dua
(a)  Kalimat yang menggunakan kata kerja (Verbal sentence)
      Susunan Kalimat :       Verb 1 + Objek + Adverb

Contoh :
Verb 1
Objek
Adverb
Bring
me acup of coffee
now!!
Bawakan
saya secangkir kopi
sekarang!!
Pease, Sit down!!


Silahkan Duduk!!


Go out!!


Keluar!!



Catatan :     Kita tidak memerlukan objek pada kalimat yang menggunakan kata kerja intransitive (tidak membutuhkan objek).

(b)  Kalimat yang menggunakan selain kata kerja (Nominal sentence)
      Susunan Kalimat :       Be + Non Verb + Adverb (please)

Contoh :
Be
Selain kata kerja
Adverb
Be
Carefu!
Please!!

Hati-hati ya!!

(Pease), be
Silent!!

Tolong
tenang!!

Be
patient!!


sabar ya??


(2)        Kalimat Perintah negatif  (-) / melarang
Susunan Kalimatnya terbgai dua
(a)  Kalimat yang menggunakan kata kerja (Verbal sentence)
      Susunan Kalimat :       Don’t + Verb 1 + Objek + Adverb (Please)

Contoh :
Don’t
Verb 1
Objek
Adverb
Don’t
go

Please!!
Jangan
Perg!!


Don’t
touch
It!!

Jangan
sentuh
Itu!!

Don’t
open !!
the door!!

Jangan
Buka
pintu!!


Catatan :     Kita tidak memerlukan objek pada kalimat yang menggunakan kata kerja intransitive (tidak membutuhkan objek).

(b)  Kalimat yang menggunakan selain kata kerja (Nominal sentence)
      Susunan Kalimat :      Don’t + be + Non Verb + Adverb (please)

Contoh :
Don’t be
Non verb
Adverb
Don’t be
angry with me!!

Jangan
marah pada saya

(Pease), don’t be
here!!

Tolong, jangan
disini!!

Don’t be
noisy!!

Jangan
ribut!!


II.      TAG QUESTION
Tag question adalah pertanyaan diujung suatu kalimat yang bertujuan memperkuat ataupun rasa ingi tahu yang sebenarnya terhadap kepastian pernyataan yang diungkapkan pada kalimat sebelumnya. Jadi kalimat bentuk ini terdiri dari dua bagian yaitu PERNYATAAN DAN EKOR PERTANYAAN (TAG). Untuk menyusun kalimat ini dalam bahasa Inggris ada beberapa aturan yang perlu diketahui, contoh :

PERNYATAAN
TAG
You are a policeman,
aren’t you?
Kamu seorang polisi,
bukan?
You are not Rian
are you?
Kamu bukan Rian,
bukan?

1.    Jika PERNYATAAN positif, maka TAG-nya negative.
2.    Jika PERNYATAAN negatif, maka TAG-nya positive.
3.    Jika kalimat menggunakan kata kerja bantu (auxiliary verb), maka kata kerja bantu itu di ulang pada tag tapi dalam bentuk yang berlawanan dengan yang ada pada pernyataan.
Contoh :
PERNYATAAN (negative)


TAG
(positif)
Subjek
Kata Bantu
Kata Kerja + adverb
You
have not
gone to schhol,
have you?
Kamu
belum
pergi ke sekolah
bukan?
He
will not
come here
will he?
Dia
tidak akan
Dating kesini
bukan?


PERNYATAAN (positive)

TAG (negatif)
Subjek
Kata Bantu
Kata Kerja + adverb
You
have
eaten lunch,
haven’t you?
Kamu
sudah
makan siang
bukan?
He
will
come here
won’t he?
Dia
akan
Dating kesini
bukan?

4.    Untuk kalimat yang bentuk positif-nya tidak menggunakan kata bantu, maka untuk tag question-nya kita menggunakan : do, does, dan did.
Contoh :
              He goes to school everyday, doesn.t he?
              You like ice cream, don’t you? (Dia pergi ke sekolah setiap hari, bukan?)
              They worked hard, didn’t they? (Mereka bekerja keras, bukan?)
              It needs to repair, doesn’t it? (Ia perlu diperbaiki, bukan?)

5.    Never (tak pernah), seldom (jarang), hardly (hampir tidak), rarely (jarang), scarcely (hampir tidak), barely (hamper tidak), little …..(sedikit) dan  few (sedikit) memiliki arti negative, jadi tag-nya harus dalam bentuk positif.
Contoh :
Romi never loves Miska, do you??
You hardly slept last night, did you?

6.    Pengecualian :Untuk  “I am”, tag question-nya berubah menjadi “aren’t I ?”
Contoh : I am handsome, aren’t I?


awing picture

Jumat, 28 Januari 2011




vidio awingsanata

Jumat, 21 Januari 2011

study bahasa jepang dari awingsanara


Untuk mengubah kalimat positive ke dalam bentuk lampau(yang telah terjadi) yaitu dengan mengubah kata keja bentuk ….masu(ます)menjadi ……..mashita(ました).Sedangkan untuk mengubah kalimat negative ke dalam bentuk lampau adalah dengan cara mengubah kata kerja bentuk…….maseng(ません)menjadi bentuk….maseng deshita(ませんでした)

。。。は。。。を。。。ました
。。。は。。。を。。。ませんでした

Contoh kalimat positive dalam bentuk lampau仕事遣りましたwatashi wa shigoto o yarimashitasaya telah bekerja

手紙書きました
watashi wa tegami o kakimashitasaya telah menulis surat

Contoh kalimat negative dalam bentuk lampau
仕事遣りませんでした
watashi wa shigoto o yarimaseng deshita.saya telah tidak bekerja
手紙書きませんでしたwatashi wa tegami o kakimaseng deshita.saya telah tidak menulis surat.


Keterangan kanji:
=watashi=saya
仕事=shigoto=kerja
遣ります=yarimasu=melakukan/mengerjakan
手紙=tegami=surat
書きます=kakimasu=menulis



Baca juga kalimat dalam bentuk positive dan bentuk negative di sini......


Klik disini untuk melanjutkan »»

Saturday, November 29, 2008


Mengenal huruf dasar

. Saturday, November 29, 2008
119 comments

Di negara Jepang ada empat macam huruf yang digunakan yaitu:

1.Huruf hiragana
2.Huruf katakana
3.Huruf kanji
4.Huruf romaji
Huruf kanji dan hiragana digunakan untuk penulisan kata-kata yang berasal dari Negara Jepang sendiri,sedangkan untuk huruf katakana digunakan untuk penulisan nama orang asing atau kata-kata yang berasal dari bahasa asing,sebagai contoh;bahasa inggris.

Saat akan memulai belajar bahasa jepang saya sarankan untuk belajar huruf hiragana dan huruf katakana.Mungkin saat ini sudah banyak buku-buku pembelajaran bahasa jepang yang banyak dijual ditoko-toko buku tanpa harus bisa membaca huruf hiragana dan katakana,tetapi semuanya itu mungkin akan sangat kurang sekali apabila nantinya anda ingin pergi ke jepang ataupun mengikuti test kemampuan bahasa jepang.

Klik dan baca berikut ini untuk belajar <<<huruf hiragana dan katakana >>>




Klik disini untuk melanjutkan »»

Friday, November 28, 2008


Kalimat positif dan negatif

. Friday, November 28, 2008
63 comments

Dalam tata bahasa indonesia ada yang namanya kalimat positif dan negative,begitu pula dalam tata bahasa jepang ada yang namanya kalimat positif dan negative.
Saya tidak bisa jelaskan secara panjang lebar,tapi akan saya tuliskan contohnya agar lebih mudah untuk dimengerti.

  1. Kalimat positif…..masu(。。。ます。)
    毎週日曜日にツポツします
    maishuu nichiyoubi ni shupotsushimasu.
    Saya berolahraga pada hari minggu setiap minggu

    明日手紙を送ります。ashita tegami o okurimasu.saya akan mengirimkan surat besok.

    Keterangan kanji:
    毎週=まいしゅう=maishuu=setiap minggu
    日曜日=にちようび=nichyoubi=hari minggu
    ツポツします=tsupotsu shimasu=berolah raga
    明日=あした=ashita=besok
    手紙=てがみ=tegami=surat
    送ります=おくります=okurimasu=mengirim

    Fungsi akhiran…masua.Untuk akhiran kata dalam bentuk sopan.
    b.Untuk mengungkapkan kebiasaan kegiatan.
    c.Untuk mengungkapkan kegiatan yang akan dilakukan.




  2. Kalimat negatif……maseng(。。。ません)

    私は酒を飲みません。
    watashi wa sake o nomimaseng.saya tidak minum minuman sake


    私は豚肉を食べません。
    watashi wa butaniku o tabemaseng
    saya tidak makan daging babi


    Keterangan kanji:
    私=わたし=watashi=saya
    酒=さけ=sake=minuman keras(khas jepang)
    飲みます=のみます=nomimasu=minum
    豚肉=ぶたにく=butaniku=daging babi
    食べます=たべます=tabemasu=makan


Klik disini untuk melanjutkan »»

Mengatakan "ADA" untuk benda(selain orang ) dan khusus orang

.
89 comments



Untuk mengatakan" ada"dalam bahasa jepang ada dua macam,yaitu "ada" untuk benda(selain orang) dan kata "ada" untuk orang.untuk lebih mudahnya lihat cara penggunaannya berikut ini:
A.Untuk mengatakan "ada" untuk benda (selain orang),menggunakan tata bahasa….arimasu(。。。あります)

...........................があります。....…..NO.........….NI…................GA ARIMASU.
Contoh kalimat:

時計があります。
tsukue no ue ni tokei ga arimasu.Jam ada diatas meja.

本棚辞書があります。

hongdana no naka ni jisho ga arimasu.
kamus ada di dalam rak buku.

財布お金があります。
saifu no naka ni okane ga arimasu.
uang ada di dalam dompet.

Keterangan:

=tsukue=meja
=ue=atas
時計=tokei=jam
本棚=hongdana=lemari buku
辞書=jisho=kamus
財布=saifu=dompet
お金=okane=uang

Baca juga fungsi kata bantu NO dan kata bantu NI
B.Untuk mengatakan ada untuk orang menggunakan tata bahasa…imasu(。。。います)


.....................がいます。……....NO.....…..NI…....…GA IMASU.
Contoh kalimat:

事務所先生がいます。
jimusho no naka ni sensei ga imasu.
guru ada di dalam kantor.

ダナさんがいますuchi no mae ni dana san ga imasu.
Saudara Dana ada di depan rumah.

会社社長さんがいます。
kaisha no soto ni shachou san ga imasu.kepala perusahaan ada di luar perusahaan.

Keterangan:
事務所=jimusho=kantor
=naka=dalam
先生=sensei=guru
=uchi=rumah
=mae=depan
会社=kaisha=perusahaan
=soto=luar
社長=shachou=kepala perusahaan,direktur utama
Baca juga fungsi kata bantu NO dan kata bantu NI

Klik disini untuk melanjutkan »»

Thursday, November 27, 2008


penghubung"O"untuk menerangkan/menunjukkan objek dari kata kerja yang mengikutinya

. Thursday, November 27, 2008
27 comments


Dalam tata bahasa jepang salah satu fungsi kata bantu O(を) adalah untuk menerangkan objek dari kata kerja transitif(kata kerja yang selalu dilengkapi oleh objek untuk melengkapi suatu maksud atau tujuan.)
Untuk lebih mudahnya "…..Kata benda+O(を)+Kata kerja(kata kerja transitif) "
Contoh kalimat:(….masu=dibaca….mas)

私は手紙書きます。watashi wa tegami o kakimasu.saya menulis surat.

ダナさんは卵食べます。Dana san wa tamago o tabemasu.Saudara Dana memakan telur.

ブデさんは新聞読みます。Budi san wa shinbun o yomimasu.Saudara Budi membaca Koran.



Keterangan:
=watashi=saya
手紙=tegami=surat
書きます=kakimasu=menulis
=tamago=telur
食べます=tabemasu=makan
新聞=shinbun=koran
Klik disini untuk melanjutkan »»

Wednesday, November 26, 2008


Partikel"NO"yang berarti:kepunyaan/milik

. Wednesday, November 26, 2008
38 comments

Contoh :

これは私本です。
kore wa watashi no hong desu.Ini adalah buku milik saya

あれはダナさんパソコンです。Are wa Dana san no pasokong desu.Itu adalah computer kepunyaan saudara Dana.

これは私お金です。Kore wa watashi no okane desu.Ini adalah uang milik saya

Keterangan:
=watashi=saya
=hong=buku
パソコン =pasokong=komputer
お金 =okane=uang
Baca juga kata penunjuk dalam bahasa jepang klik disini
Klik disini untuk melanjutkan »»

JIKA ANDA INGIN MERASAKAN INDAHNYA DUNIA BERKUNJUNGLAH KEPADANG DAN LIHAT INDAHNYA ALAM KOTA PADANG

Sabtu, 18 Desember 2010




disini anda bisa merasakan indahnya suasana alam yang sangat menyenangkan(here you can feel the beauty of nature a very pleasant atmosphere).. dan anda pasti merasa akan terasa bagai di sorga di saat anda menghirup indahnya dunia yang memberikan kesejukan pada hati anda...(and you definitely feel it will feel like in heaven when you breathe in the beautiful world that provides coolness in your heart ...) and you can traveling here with mother beauty of padang.. please contect me here/..........
081374726773





my memories

Senin, 13 Desember 2010


ini adalah funtasi dari west sumatera.. yang siap melayani anda dengan ke indahan nya...










SPEAKS ENGLISH BY MAKE NOTES
Create a diary for some people is exciting. A diary that tells about the events that happen every day, could become a refreshing and healthful reading our souls in one day in the future.

A diary can give an evaluation of what we already do, and provide clues for us about what we should continue to do, and things that we do not need. A diary does not have to be perfect, after all who read only your own. In any form of a personal diary for an original will still be interesting to read. In fact, I'm sure at some day in the future, your grandchildren or great-grandchildren will scramble to read it.

If you are one who likes to make a diary entry, why not try to make it in English? Perhaps at this early stage is difficult, you can use a sentence tapai mix between English and Indonesian. Then gradually begin to increase the percentage of English in your diary. If you have advanced and able to prepare written with the correct vocabulary and grammar, maybe you can sharingkan some that are not too personal to the bulletin board, community magazine, or saringkan in the form of blogs on the internet.

If you do not have a diary, try to start now. Who knows one day you become famous and your biography is required ..... :)

Happy learning!

Question bank info
Posted by Wen Saputra at 02:11 10 comments
Labels: writing

belajar bahasa
BELAJAR BAHASA INGGRIS DENGAN CATATAN
Membuat sebuah catatan harian bagi sebagian orang adalah hal yang mengasyikkan. Sebuah catatan harian yang menceritakan tentang peristiwa-peristiwa yang terjadi setiap harinya, bisa menjadi bacaan yang menyegarkan dan menyehatkan jiwa kita di suatu hari di masa depan.

Sebuah catatan harian mampu memberikan sebuah evaluasi atas apa yang sudah kita kerjakan, dan memberikan petunjuk bagi kita tentang hal apa yang seharusnya terus kita lakukan, dan hal-hal yang tidak perlu kita lakukan. Sebuah catatan harian tidak harus sempurna, toh yang baca hanya Anda sendiri. Dalam bentuk apapun sebuah catatan harian pribadi yang orisinil akan tetap menarik untuk dibaca. Bahkan saya yakin di suatu hari di masa depan nanti, cucu atau cicit Anda akan berebut untuk membacanya.

Jika Anda seorang yang suka membuat catatan harian, mengapa tidak mencoba membuatnya dalam Bahasa Inggris ? Mungkin pada tahap awal memang sulit, tapai Anda bisa menggunakan kalimat campuran antara Bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Kemudian setahap demi setahap mulai menambah prosentase Bahasa Inggris dalam catatan harian Anda. Jika Anda sudah mahir dan mampu menyusun tulisan dengan vocabulary dan grammar yang tepat, mungkin Anda bisa sharingkan sebagian yang tidak terlalu pribadi ke majalah dinding, majalah komunitas, atau saringkan dalam bentuk blog di internet.

Jika Anda belum memiliki catatan harian, cobalah untuk memulainya sekarang. Siapa tahu suatu hari nanti Anda menjadi orang terkenal dan biografi Anda dibutuhkan..... :)

Selamat belajar!

Info bank soal
Diposkan oleh Wen Saputra di 02.11 10 komentar
Label: writing
Membuat sebuah catatan harian bagi sebagian orang adalah hal yang mengasyikkan. Sebuah catatan harian yang menceritakan tentang peristiwa-peristiwa yang terjadi setiap harinya, bisa menjadi bacaan yang menyegarkan dan menyehatkan jiwa kita di suatu hari di masa depan.

Sebuah catatan harian mampu memberikan sebuah evaluasi atas apa yang sudah kita kerjakan, dan memberikan petunjuk bagi kita tentang hal apa yang seharusnya terus kita lakukan, dan hal-hal yang tidak perlu kita lakukan. Sebuah catatan harian tidak harus sempurna, toh yang baca hanya Anda sendiri. Dalam bentuk apapun sebuah catatan harian pribadi yang orisinil akan tetap menarik untuk dibaca. Bahkan saya yakin di suatu hari di masa depan nanti, cucu atau cicit Anda akan berebut untuk membacanya.

Jika Anda seorang yang suka membuat catatan harian, mengapa tidak mencoba membuatnya dalam Bahasa Inggris ? Mungkin pada tahap awal memang sulit, tapai Anda bisa menggunakan kalimat campuran antara Bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Kemudian setahap demi setahap mulai menambah prosentase Bahasa Inggris dalam catatan harian Anda. Jika Anda sudah mahir dan mampu menyusun tulisan dengan vocabulary dan grammar yang tepat, mungkin Anda bisa sharingkan sebagian yang tidak terlalu pribadi ke majalah dinding, majalah komunitas, atau saringkan dalam bentuk blog di internet.

Jika Anda belum memiliki catatan harian, cobalah untuk memulainya sekarang. Siapa tahu suatu hari nanti Anda menjadi orang terkenal dan biografi Anda dibutuhkan..... :)

Selamat belajar!

Info bank soal
Diposkan oleh Wen Saputra di 02.11 10 komentar
Label: writing

belajar bahasa inggris dengan mudah

ini contoh-contoh dalam mempelajari bahasainggris
yang artinya sama memajukan

1. verbal
1. promote
2. advance
3. further
4. move forward
5. propose
6. bring forward
7. introduce
8. offer
9. set on
10. inject
11. carry on
12. tender
ini
renungan suci (sacred muse)
jangan bercanda dengan keadaan(Do not joke with the circumstances of this emergency)



HOW YOU SPEAKS ENGLISH WELL
Learning English is actually the most practical way to go and live in regions / countries that speak English. My friend who at school English was zero Putul now dah cas cis cus and already speak English as their mother tongue properly since moving to America. Learning from native speakers to hear and practice is more effective than to start by learning grammar. But I am not saying that you do not have to learn grammar. Because not all people have the opportunity to move abroad. The point is willing to practice, and should be started with more listening. When our ears are already familiar with English, usually tongue also follow.

One of the tips of the easiest and cheapest is to learn to practice with English-speaking tourists. Tourists now do not just go to Bali, many other areas that also became jujugan tourists. Now this is an opportunity for direct practice.

You can start with the acquaintance, probably the first topic about the origin, how long to stay in Indonesia, where he lives, and offer to help your capacity. Usually the tourists who are not arrogant like to chat. Do as much as possible conversation, one also does not matter, but the important while talking to hear the sentence with full concentration. This listening experience will make you continue to remember the words he was saying. Another advantage when you become a good listener, your tourist friends that will treat you as a friend to a fun chat. Do not hesitate to ask if you do not understand, saying that your English is not too good, he would understand and gladly teach you. You remember Tarzan? See Jane was so happy to communicate with him even though haltingly. The important thing here is sincerity.

Another important thing is do not assume that English-speaking tourists is a modern nan god and you are far behind him. This will lead to gaps that are not fun. Everyone is basically the same, it's just a different language and English happens to already be a language.....!




ini terjemah dalam bahasa indonesianya..........
Belajar Bahasa Inggris yang paling praktis sebenarnya adalah dengan mendatangi dan tinggal di daerah / negara yang berbahasa Inggris. Teman saya yang sewaktu sekolah bahasa Inggrisnya nol putul sekarang dah cas cis cus dan sudah ngomong Inggris seperti selayaknya bahasa ibunya sejak pindah ke Amerika. Belajar dari native speaker dengan mendengar dan praktek langsung ternyata lebih efektif daripada memulainya dengan belajar grammar. Tetapi saya tidak mengatakan bahwa Anda tidak harus belajar grammar. Karena kan tidak semua orang punya kesempatan pindah ke luar negeri. Intinya adalah mau praktek, dan sebaiknya dimulai dengan lebih banyak mendengar. Ketika telinga kita sudah tidak asing dengan Bahasa Inggris, biasanya lidah juga mengikuti.

Salah satu tips yang paling mudah dan murah adalah belajar praktek dengan turis yang berbahasa Inggris. Turis sekarang kan tidak hanya mengunjungi Bali, banyak daerah lain yang juga menjadi jujugan turis. Nah ini kesempatan untuk praktek langsung.

Anda bisa mengawali dengan berkenalan, mungkin topik pertama tentang asalnya, berapa lama tinggal di Indonesia, tinggalnya di mana, dan tawarkan bantuan sesuai kemampuan Anda. Biasanya turis yang tidak sombong senang diajak ngobrol. Lakukan percakapan sebisanya, salah juga tidak apa-apa, tetapi yang penting selama berbicara dengarkan kalimatnya dengan penuh konsentrasi. Pengalaman mendengarkan ini akan membuat Anda terus mengingat kata-kata yang diucapkannya. Keuntungan lainnya ketika Anda menjadi pendengar yang baik, teman turis Anda itu juga akan menganggap Anda sebagai teman ngobrol yang asyik. Jangan ragu untuk bertanya jika tidak mengerti sambil mengatakan bahwa bahasa Inggris anda tidak terlalu jago, dia pasti maklum dan dengan senang hati mengajari Anda. Anda ingat Tarzan ? Lihat Jane begitu senang berkomunikasi dengannya walaupun terbata-bata. Yang penting di sini adalah ketulusan.

Hal penting lainnya adalah jangan menganggap bahwa turis berbahasa Inggris adalah seorang dewa nan modern dan Anda jauh tertinggal dengannya. Ini akan menimbulkan gap yang tidak asyik. Semua orang pada dasarnya sama, cuma bahasanya saja yang beda dan kebetulan Bahasa Inggris dah terlanjur jadi bahasa

ini bisa membantu anda dalam mengerjakan ujian akhir nasional

Rabu, 01 Desember 2010

Bahasa ingris SMP soal ujian nasional 2005-2009, Latihan soal dan pembahasan
1 Kumpulan Soal Ujian Nasional, Latihan Soal, Semester dan Masuk Perguruan Tinggi
http://soal-unas.blogspot.com | http://kumpulansoal.org
PREDIKSI DAN LATIHAN SOAL
UJIAN AKHIR NASIONAL
KUMPULAN SOAL DAN PEMBAHASAN SOAL
UAN 2004-2009
V1
BAHASA INGGRIS
Untuk SMP / MTS
Copyright © soal-unas.blogspot.com
Artikel ini boleh dicopy , dikutip, di cetak dalam media kertas atau yang lain, dengan
tetap mencantumkan copyright dan link yang tertera pada setiap document tanpa
ada tujuan komersial.
Di persembahkan oleh:
Kumpulan soal Ujian Nasional, Ujian Akhir Nasional
http://soal-unas.blogspot.com/
Kumpulan soal masuk perguruan tinggi, SNMPTN, SPMB, Ujian Masuk ITB, Undip,
dsb
http://kumpulansoal.org/
update terbaru informasi seputar ujian nasional
http://soalsoal.wordpress.com
soal latihan dan prediksi berikut diambil dari berbagai sumber soal ujian nasional mulai tahun
2004 sampai dengan 2009,lalu team kami mengerjakan pembahasanya dengan cermat dan
seakurat mungkin. Silahkan konsultasikan dengan guru anda apabila menemukan jawaban
atau pembahasan yang kurang tepat pada latihan soal ujian nasional berikut
Bahasa ingris SMP soal ujian nasional 2005-2009, Latihan soal dan pembahasan
2 Kumpulan Soal Ujian Nasional, Latihan Soal, Semester dan Masuk Perguruan Tinggi
http://soal-unas.blogspot.com | http://kumpulansoal.org
UN 2008/2009
Read the following text to answer question number 1

Where do you usually find the sign above?
A. At railway station.
B. At a bus station.
C. At a station wagon.
D. At a petrol station.

Read the text and answer question 2
2. Why does Joshua send the card? Because …
A. he wants to tell Ruth about his exam.
B. he wants to congratulate Ruth.
C. his exam is difficult to do.
D. he wants to be successful.

Read the text and answer questions 3 and 4
3. From the message above we know that …

A. Dinda and Mira have to work together on their project.
B. Dinda’s grandma involves in the project.
C. Dinda and her grandma will meet Mira at the hospital.
D. Dinda expects Mira to stay in the hospital with her.

4. What is Dinda’s purpose to write such kind of message?
A. To tell about her sick grandma.
B. To give information about the delay of an activity.
C. To ask Mira to work on their project.
D. To persuade Mira to change the project.

Read the text and answer questions 5 and 6
5. Paul is … husband.
A. Opal’s
B. Eliza’s
C. Elsa’s
D. Natalia’s

6. What is the purpose of the text above?
A. To promote an everlasting relationship.
B. To invite someone to join the party.
C. To announce a wedding ceremony.
D. To describe a certain party.

To: Ruth
I’d like to congratulate
you on passing your exam
I do hope you are always successful.
Love
Joshua
Dear Mira,
I am sorry I have to tell you that I can’t come to
your house to work on our project as we have
planned before. Unexpected thing happens. My
grandma must be hospitalized soon. I’ll tell you
about our plan later.
Dinda
Please join us
as we celebrate our
40th Anniversary
Paul and Opal Wright
Friday, May 7th
6.30 p.m. – 10.00 p.m.
Our New Home
Komplek TSI Durikosambi Cengkareng
(Dinner will be served)
RSPV 54390186
(Elsa/Natalia/Eliza)

Bahasa ingris SMP soal ujian nasional 2005-2009, Latihan soal dan pembahasan
3 Kumpulan Soal Ujian Nasional, Latihan Soal, Semester dan Masuk Perguruan Tinggi
http://soal-unas.blogspot.com | http://kumpulansoal.org

Read the announcement and answer questions 7 to 9
7. Which of the following statements is Not Correct
according to the announcement above?
A. Classes are held twice a week.
B. Each session will last for two hours.
C. Only kindergarten students can attend the class.
D. There are six programmers for the holiday classes.

8. How many programs does the learning centre
offers?
A. One.
B. Three.
C. Six.
D. Nine.

9. “Friendly atmosphere”
What does the underlined word mean?
A. Easy.
B. Helpful.
C. Pleasant.
D. Dull.
Read the text to answer questions 10 to 12
Most people in the world have a pet. I also have it. My
pet is dog, named Miko. Its color is brown. It has
brown eyes, too. I got this pet from my friend at the
beginning of 2009. He bought it from a pet shop in his
country. Once a week, my mother bathes him. He is
funny and smart. It often plays with my neighbor’s
dog. I love him very much because he can be my
friend, too.
10. Miko’s eyes are …
A. black
B. white
C. brown
D. dark brown

11. The writer got the pet from …
A. his neighbor
B. a pet shop
C. his friend
D. his mother

12. What is the text about?
A. My lovely dog.
B. My best friend.
C. My pet shop.
D. My neighbor’s pet.
Read the following text and answer
questions 13 to 15
Hexa and I camped in the mountain last weekend. It
was very beautiful and very quiet here. The air was
fresh. The location of our camp site was on the top of
hill, so we could see the scenery around us. It was
amazing. It was green everywhere. It was also easy to
get water as it was near a small river. You see the
water is as clear as crystal. We brought a lot of food
from home. There were some noodles, cans of
sardines, soft drink, and biscuits. Hexa brought
cooking utensils for cooking noodle.
0n the first day, we spent our time setting up tent
and exploring the surrounding area. I was happy to
find that there were many campers there. At night,
after we had dinner, we met other campers. We
chatted and played guitar. It was fun meeting people
who had the same hobby. It was not frightening at all
at night in the forest as it was very noisy that night.
We laughed and sang, and some campers even
danced. We went to bed almost dawn. No wonder
we got up late the following day. We hiked with other
campers until afternoon. We did not realize that it
was almost 5 in the afternoon and we had to go back
home soon. It was really nice. I planned to go there
again on the next long holiday. I would ask other
friends to join.
Holiday classis at learning centre for Nursery,
Kindergarten and Primary School children
Supervised reading programme
Creative writing
Poetry appreciation
Art in action
Speech training
Grooming and etiquette
- Qualified teachers
- Friendly atmosphere
- Two-hour class twice a week
Call 03-23860505
Bahasa ingris SMP soal ujian nasional 2005-2009, Latihan soal dan pembahasan
4 Kumpulan Soal Ujian Nasional, Latihan Soal, Semester dan Masuk Perguruan Tinggi
http://soal-unas.blogspot.com | http://kumpulansoal.org
13. What was amazing according to the writer of the
text?
A. The location of the campsite.
B. The fresh air of the mountain.
C. The scenery around the campsite.
D. The small river in the mountain.

14. What did the writer do on the second day of their
camping activity?
A. They chatted and played guitar.
B. They had a greet and meet activity.
C. They hiked with the other champers.
D. They laughed and sang songs together.

15. “… we spent our time setting up the tent and
exploring the surrounding area.” (paragraph 2)
What does the underlined word mean?
A. Traveling through to learn about it.
B. Going backward and forward to watch something.
C. Observing carefully to examine something.
D. Looking for something in surrounding area.
UAN 2002/2003

15. A : Can you take my umbrella, please?
B : There are four umbrellas here. … is yours?
A : The black one, please.
a. What
b. Which
c. What sort
d. Where
Read the following text and answer
questions 16 to 20
Your body needs energy, protein, minerals,
vitamins, and fibre. In order to get all of these, it is
important to have a varied and balanced diet, and to
eat the right amount of food. Your body “burns” food
to energy : the amount of energy provided by food is
measured in units called calories.
How many calories do you need? This depends
on your weight and on what you do. When you are
asleep, your body uses nearly one calorie an hour for
every kilogram of weight. So a person who weights
seventy kilos uses about 560 calories
while sleeping for eight hours. More calories are
needed for different activities from 100 calories an
hour for reading or watching TV, to 350 calories an
hour for playing football.
To calculate the number of calories needed
per day for an everage person, first find out the
person’s ideal weight. Then multiply the weight by 40
for a woman
or 46 for a man. A 60 – kilo woman may need about
2400 calories a day – more if she does heavy physical
work and less if she is very inactive.
16. Which statement is NOT TRUE according to the
text?
a. To read something for an hour, a person needs 100
calories.
b. A person needs 350 calories per hour to play
football.
c. Inactive persons do not need calories at all.
d. Food is burnt by the body to get energy.

17. How many calories do we need? It depends on ....
a. how old we are
b. how heavy we are
c. our weight and what we do
d. our age and our weight

18. The text mainly tells us about ....
a. energy
b. calories
c. protein
d. minerals
19. A sportman will need ... a businessman.
a. as many calories as
b. not so many calories as
c. more calories than
d. less calories than

20. “ more if she does heavy physical work and less if
she is very inactive.”
The underlined word means ....
a. very active
b. quite active
c. rather active
d. not active

Bahasa ingris SMP soal ujian nasional 2005-2009, Latihan soal dan pembahasan
5 Kumpulan Soal Ujian Nasional, Latihan Soal, Semester dan Masuk Perguruan Tinggi
http://soal-unas.blogspot.com | http://kumpulansoal.org
21. Officer : Could I have your name, please?
Ali Topan : It’s Topan. Ali Topan.
Officer : And ... are you, Mr. Topan?
Ali Topan : I’m 25 years.
a. how old
b. how tall
c. how big
d. how heavy

22. Ida : May I go to the concert tonight, Father?
Father : … You have to study for your final
exam.
Ida : But I really want to.
Father : You can go next time.
a. Of course, you may.
b. Why not.
c. Yes, please.
d. It’s not a good idea.

23. Where would this announcement be put up?
a. In all schools
b. In all parks
c. At the shopping complex
d. At the Glory Supermarket

24. “No age limit”
What does it mean?
a. Aged man is not allowed.
b. Those who are under age are forbidden.
c. Age will not be considered.
d. Only those who are over sixteen years of age can
take part.

25. The announcement is about ….
a. a talent show
b. family members
c. entering a contest
d. residents of Green Park
bacaan berikut untuk soal nomer 26-28
Dear,
Hi my name is Dian Wahyu Dinata. I’m the winner of an
Engllish Poetry Reading Competition in Sempu. I live in
Maron. I was very happy to meet Sue and Ayu 9 early
February 2008 and I’m very comfortable speaking English
with you. I have one question for Kang Guru when can I
be invite KG to our school in SMP 1 Genteng.
Dian Wahyu Dinata
Sempu, Banyuwangi
East Java
26. Who is the winner of an English Poetry Reading
Competion in Sempu?
A. Sua and Ayu.
B. Dian Wahyu Dinata
C. Dian’s friends
D. Dian’s teacher

27. When did Dian Wahyu Dinata meet Sue and Ayu ?
A. Before an English Poetry Reading Competition.
B. When Dian invited Kang Guru.
C. Early February 2008.
D. When Sue and Ayu came early February 2008.

28. Which statement is TRUE based on the letter
above?
A. Sue and Ayu have one question for Kang Guru.
B. Sue and Ayu live in Maron.
ATTENTION!!!
CALLING ALL RESIDENTS OF GREEN PARK
SHOW OFF YOUR FAMILY’S TALENTS
SING, DANCE, BE FUNNY, PLAY MUSIC OR PERFORM
MAGIC
Do it with 2, 3 or 4 others (Relatives can join)
No age limit.
TO ENTER :
Pick up a form from this Glory Supermarket counter.
. Complete the form.
. Drop the completed form in the box labelled “TALENT
SEARCH” at Glory Supermarket.
. Box will be removed a fort night after the date given
below.
IMPORTANT : FILL IN THE FORM ONLY AFTER YOU HAVE
READ THE RULES GIVEN AT THE BACK
4 MAY 2001 RESIDENTS’ COMMITTEE
GREEN PARK
Bahasa ingris SMP soal ujian nasional 2005-2009, Latihan soal dan pembahasan
6 Kumpulan Soal Ujian Nasional, Latihan Soal, Semester dan Masuk Perguruan Tinggi
http://soal-unas.blogspot.com | http://kumpulansoal.org
C. Dian Wahyu Dinata is not the winner of an
English Poetry Reading Competition.
D. The writer of the letter is Dian Wahyu Dinata.
Café & Resto
New Romantic Garden Restaurant. The restaurant is
located just outside the crowded centre, surrounded
by Sawahs, right behind Hyatt Hotel. We offer
traditional Indonesian food for reasonable prices in a
romantic garden environment. Look for our complete
menu at www.rumahmertua.com. For reservation
please call phone/fax: 0274-866680.
Mie Thai Casual Thai Restaurant provides authentic
Thailand cuisine. Open daily for lunch and dine.
Delivery service 0274-561486 or just visit us at Jl.
Gejayan CT X/22 Jogja. Steamboat Restaurant. The
only Seafood Steamboat resto in Jogja. We also serve
Chinese food. Baturetno, Banguntapan, Bantul. Ph.
0274-7484947 or 0806682407.
29. According to the text, where can we find
inexpensive traditional food?
A. New Romantic Garden Restaurant.
B. Mie Thai Casual Thai Restaurant.
C. Steamboat Restaurant.
D. Hyatt Hotel.

30. Which of the following statements is incorrect
based on the advertisement?
A. New Romantic Garden Restaurant provides a
romantic atmosphere.
B. New Romantic Garden Restaurant is in the
centre of town.
C. Mie Thai Casual Thai Restaurant can deliver
customers order.
D. We can eat Chinese food in Steamboat
Restaurant

31. “Mie Thai Casual Thai Restaurant provides
authentic Thailand cuisine.”
The word “cuisine” has the same meaning as …
A. beverage
B. drink
C. food
D. snack

32. Nita : “Have you met my new
classmate, Idham?”
Aminah : “Yes, I have. He ………. Speak
Japanese well.”
Nita : “Really?”
Aminah : “Yes, He and his family have
been in Okinawa for about 3 years.”
a. Able
b. Ability
c. Can
d. Could

33. Beautiful – orchid – is – most – the – flower –
1 2 3 4 5 6
one – earth – on – of.
7 8 9 10
The correct arrangement is ……..
a. 1 – 2 – 3 – 7 – 10 – 5 – 4 – 6 – 9 – 8
b. 7 – 10 – 5 – 4 – 6 – 9 – 8 – 3 – 2 – 1
c. 1 – 2 – 9 – 8 – 3 – 5 – 4 – 6 – 7 – 10
d. 2 – 3 – 7 – 10 – 5 – 4 – 1 – 6 – 9 – 8

34. Reporter : “Excuse me !”
“What is your opinion about flood
in many parts of our country
recently?”
Expert : “………… we have to stop illegal
cutting of trees in the forest, and
punish whoever break the law.”
a. Sure
b. In my point of view
c. Are you kidding
d. I can agree for more

35. Choose the right order of the following
sentences.
1. It takes place within three or more days.
2. The more important the person who dies, the
more bufalloes they kill.
3. It is carried out in honour, of the dead person.
4. One of the Torajan traditions is the funeral.
5. It is done by slaughtering a water buffalo.
A. 2,5,4,3,1
B. 2,3,5,4,1
C. 4,3,1,5,2
D. 4,3,5,2,1
Bahasa ingris SMP soal ujian nasional 2005-2009, Latihan soal dan pembahasan
7 Kumpulan Soal Ujian Nasional, Latihan Soal, Semester dan Masuk Perguruan Tinggi
http://soal-unas.blogspot.com | http://kumpulansoal.org
No Litter

36. Tourist : “…………from here, please?”
Receptionist : “It’s quite simple. You can go by
taxi. Take it in front of the post
office.”
a. Can I get to the museum ?
b. How can I go to the museum ?
c. Bring me tow the museum !
d. Would you go to the museum ?

37.
The notice means ……
a. throw your rubbish here
b. Bring your own rubbish
c. Don’t throw rubbish here.
d. Don’t pick up the rubbish
Last night my mother and I spent time together
in the kitchen. She taught me how to cook spaghetti.
She prepared a box of spaghetti, water and a jar of
spaghetti sauce. First she boiled some water in a
pot. Then she put the spaghetti into the boiling
water. After fifteen minutes she turned of the stove
and threw away the water. Finally she put the
spaghetti on a plate and added spaghetti sauce on it.
It plate of delicious spaghetti was ready to serve
38. What does the topic of the text for !
a. to inform how to serve spaghetti.
b. To explain how to make spaghetti.
c. To tell how to cook spaghetti
d. to discuss how to make spaghetti sauce



39. What does the word “it” in the last step refer
to….
a. Spaghetti c. The stove
b. The plate d. Water

40 . Mrs. Rita : “I don’t see your
prescription here, heny?”
Heny : “I …………it, Mom.”
Mrs. Rita : “That’s good.”
a. am going to take c. are taking
b. have taken d. d. take
41.
A : “Does ……….home? Hello?”
B : “Oh, sorry. I didn’t hear your coming.
Please come in.”
a. Some body c. Some one
b. Any body d. Every body