it was my video when l in the west sumatera
Kamis, 21 April 2011
JENIS _ JENIS TEKS
Hai sobat lama tak Jumpa, PADA kesempatan ini Saya Akan membahas tentang fungsi sosial, struktur fitur Bahasa Generik murah dari 12 Genre, yaitu Prosedur, Recount, Narasi, Deskripsi, News Item, Laporan, Analytical Exposition, Spoof, menegur Pameran, Penjelasan, Diskusi dan Review
PROSEDURProsedur fungsi sosial: Untuk membantu kami melakukan tugas atau membuat sesuatu. Mereka dapat satu set instruksi atau arah.Teks organisasi:1. Tujuan (tujuan akhir melakukan instruksi)2. Bahan (bahan, peralatan, peralatan untuk melakukan instruksi)3. Langkah (satu set instruksi untuk mencapai tujuan akhir)Bahasa fitur:
* Penggunaan imperatif (Cut ... ... .., Jangan mencampur ... ... ..)
* Penggunaan kata kerja (gilirannya, menempatkan)
* Penggunaan connectives (pertama, kemudian, akhirnya)
MenceritakanFungsi sosial menceritakan: Untuk memberitahu pembaca apa yang terjadi di masa lalu melalui urutan peristiwa.Struktur generik Recount:
1. Orientasi (yang terlibat, kapan dan di mana itu terjadi)
2. Acara (menceritakan apa yang terjadi dalam urutan kronologis)
3. Re-Orientasi (opsional - penutupan acara)
Fitur bahasa Recount:
* Penggunaan kata ganti dan kata benda (Daud, ia, dia)
* Penggunaan kata kerja di masa lalu (pergi, mempelajari)
* Penggunaan lampau (Kami pergi untuk perjalanan ke kebun binatang)
* Penggunaan frase adverbial
* Penggunaan kata sifat
NARASIFungsi sosial narasi: Untuk menghibur atau menghibur pembaca dengan pengalaman nyata atau imajiner dengan cara yang berbeda. Narasi selalu berurusan dengan beberapa masalah yang menyebabkan klimaks dan kemudian berubah menjadi solusi untuk masalah ini.Struktur generik Narasi:
1. Orientasi (siapa yang terlibat, kapan dan di mana itu terjadi)
2. Komplikasi (masalah muncul dan diikuti oleh masalah lain)
3. Resolusi (memberikan solusi untuk masalah ini)
Bahasa fitur Narasi:
* Penggunaan frasa nomina (seorang putri cantik, sebuah kuil besar)
* Penggunaan frase adverbial waktu dan tempat (di kebun, dua hari lalu)
* Penggunaan lampau sederhana (Dia berjalan menjauh dari desa)
* Penggunaan kata kerja (berjalan, tidur)
* Penggunaan frase kata sifat (rambut hitam panjang)
DESKRIPSIDeskriptif Sosial Fungsi: Untuk menggambarkan seseorang tempat, tertentu atau hal.Struktur generik deskriptif:
1. Identifikasi (mengidentifikasi fenomena yang akan dijelaskan)
2. Deskripsi (menggambarkan bagian-bagian, kualitas, karakteristik)
Bahasa fitur deskriptif:
* Fokus pada peserta tertentu
* Gunakan proses atributif dan mengidentifikasi
* Sering menggunakan pengklasifikasi dalam kelompok nominal.
* Penggunaan Simple Present Tense
BERITA ITEMFungsi item berita Sosial: Untuk menginformasikan pembaca atau pendengar tentang peristiwa sehari-hari yang dianggap layak diberitakan atau penting.Struktur generik news item:
1. Berita layak acara (memberitahu acara dalam bentuk ringkasan)
2. Latar Belakang peristiwa (rumit apa yang terjadi, katakan apa yang menyebabkan insiden tersebut)
3. Sumber (komentar oleh peserta, saksi, pihak berwenang dan ahli yang terlibat dalam acara tersebut)
Bahasa fitur berita:
* Informasi tentang penggunaan garis kepala.
* Penggunaan kata kerja (hit, serangan)
* Gunakan kata kerja mengatakan (kata, menambahkan, diklaim)
* Gunakan kalimat pasif (Aceh dilanda tsunami pada tahun 2004)
* Penggunaan kata keterangan dalam kalimat pasif (Para korban terluka parah)
LAPORANFungsi Sosial Laporan: Untuk menggambarkan cara hal-hal (misalnya: sesuatu buatan manusia, hewan, tumbuhan). Hal-hal harus mewakili kelas mereka.Teks Organisasi laporan:
1. Klasifikasi Umum (memperkenalkan topik laporan / menceritakan apa yang sedang dibicarakan fenomena.)
2. Deskripsi (memberitahu rincian topik seperti penampilan fisik, bagian, kualitas, kebiasaan / perilaku).
Fitur bahasa laporan:
* Penggunaan kata benda umum (Paus, Kangaroo, Komputer)
* Penggunaan present tense (Komodo biasanya berbobot lebih dari 160 kg)
* Gunakan kata kerja perilaku (Ular sering berjemur di matahari)
* Gunakan istilah-istilah teknis (Air mengandung oksigen dan hidrogen)
* Gunakan kata kerja yang berkaitan (adalah, apakah, memiliki)
Pameran ANALYTICALFungsi Sosial eksposisi analitis: Untuk meyakinkan pembaca atau pendengar bahwa sesuatu dalam kasus ini, untuk menganalisis atau menjelaskan.Struktur generik eksposisi analitis:
1. Tesis (biasanya mencakup sebuah argumen pratinjau. Hal ini memperkenalkan topik dan menunjukkan posisi penulis)
2. Argumen (terdiri dari titik dan urutan elaborasi. Jumlah titik dapat bervariasi, tetapi masing-masing harus didukung oleh diskusi dan bukti)
3. Pengulangan (menyatakan kembali posisi lebih kuat dalam terang argumen disajikan)
Bahasa fitur analitis eksposisi:
* Kata-kata emotif seperti: takut, khawatir.
* Kata-kata yang memenuhi syarat pernyataan seperti: biasa mungkin
* Kata-kata yang menghubungkan argumen seperti: pertama, bagaimanapun, pada sisi lain, oleh karena itu.
* Biasanya saat tegang
* Senyawa dan kalimat kompleks
LeluconSpoof fungsi sosial: Untuk memberitahu acara dengan sentuhan humor.Struktur generik teks spoof:
1. Orientasi (yang terlibat, kapan dan di mana itu terjadi)
2. Acara (menceritakan apa yang terjadi dalam urutan kronologis)
3. Putar (menyediakan bagian paling lucu dari cerita)
Bahasa fitur spoof:
* Penggunaan connectives (pertama, kemudian, akhirnya)
* Penggunaan frase adverbial waktu dan tempat (di kebun, dua hari lalu)
* Penggunaan lampau sederhana (dia berjalan jauh dari desa)
Menegur PameranFungsi Sosial menegur eksposisi: Untuk meyakinkan pembaca atau pendengar bahwa sesuatu harus atau tidak harus terjadi.Struktur generik menegur eksposisi:
1. Tesis (menyatakan masalah yang menjadi perhatian)
2. Argumen (memberikan alasan untuk perhatian, rekomendasi terkemuka)
3. Rekomendasi (menyatakan apa yang seharusnya atau seharusnya tidak terjadi)
Bahasa fitur menegur eksposisi:
* Emotif kata: khawatir, khawatir
* Kata-kata yang memenuhi syarat pernyataan: biasa mungkin
* Kata-kata yang argumen link: pertama, bagaimanapun, pada sisi lain, oleh karena itu
* Biasanya saat tegang
* Senyawa dan kalimat kompleks
* Modal tambahan: bisa, dapat, harus, harus
PENJELASANFungsi sosial Penjelasan: Untuk menjelaskan proses yang terlibat dalam pembentukan atau bekerja dari fenomena alam atau sosial budayaPenjelasan struktur generik:
1. Sebuah pernyataan umum ke posisi pembaca
2. Penjelasan sequencing mengapa atau bagaimana sesuatu terjadi
3. Penutupan
Bahasa fitur penjelasan:
* Fokus pada generik, non-manusia peserta.
* Gunakan kata benda terutama dari umum dan abstrak, kata kerja, present tense sederhana, kalimat pasif, bersama waktu dan menyebabkan, frasa nominal, kalimat kompleks, dan bahasa teknis.
PEMBAHASANFungsi Sosial diskusi: Untuk menyajikan informasi dan pendapat tentang lebih dari satu sisi dari sebuah isu ("untuk" poin "melawan" poin)Struktur generik diskusi:
1. Membuka pernyataan menyajikan masalah
2. Argumen atau bukti untuk sudut pandang yang berbeda (pro dan kontra)
3. Penutup Rekomendasi
Bahasa fitur diskusi:
* Penggunaan kata benda umum: alkohol, aborsi, merokok, dll
* Penggunaan kata kerja yang berkaitan: adalah, apakah, dll
* Gunakan kata kerja berpikir: berpikir, merasa, harapan percaya, dll
* Penggunaan aditif connectives: Selain itu, lebih jauh lagi, selain itu, dll
* Penggunaan connectives kontrastif: meskipun, bahkan, jika, namun, dll
* Penggunaan penghubung kausal: karena, karena, dll
* Penggunaan tambahan modal: harus, harus, dll
* Penggunaan secara adverbial: penuh harap.
TINJAUANFungsi sosial Tinjauan: Untuk kritik karya seni atau acara untuk khalayak umumTinjauan struktur generik:
1. Orientasi (latar belakang informasi pada teks)
2. Evaluasi (menyimpulkan pernyataan: penilaian, pendapat, atau rekomendasi ini dapat terdiri dari lebih dari satu..
3. Interpretative Recount (ringkasan dari sebuah karya seni termasuk karakter dan plot).
4. Penjumlahan evaluatif: pendapat terakhir yang terdiri penilaian atau garis pukulan seni karya dikritik.
Bahasa fitur meninjau:
* Fokus pada peserta tertentu
* Penggunaan kata sifat
* Penggunaan klausa yang panjang dan rumit
* Penggunaan metafora
* Ulasan digunakan untuk meringkas, menganalisis dan menanggapi karya seni. Mereka mungkin termasuk: film, acara TV, buku, drama, konser, dll
PROCEDURE
Social function Procedure: To help us do a task or make something. They can be a set of instructions or directions.
Text organization:
1. Goals ( the final purpose of doing the instruction)
2. Materials ( ingredients, utensils, equipment to do the instructions)
3. Steps ( a set of instruction to achieve the final purpose)
Language features :
* Use of imperative ( Cut…….., Don’t mix……..)
* Use of action verbs (turn, put)
* Use of connectives(first, then, finally)
RECOUNT
Social function recount: To tell the readers what happened in the past through a sequence of events.
Generic Structure of Recount:
1. Orientation ( who were involved, when and where was it happened)
2. Events ( tell what happened in a chronological order)
3. Re-orientation ( optional – closure of events)
Language features Recount:
* Use of pronouns and nouns ( David, he, she)
* Use of action verbs in past (went, studied)
* Use of past tense ( We went for a trip to the zoo)
* Use of adverbial phrases
* Use of adjectives
NARRATIVE
Social function narrative: To amuse or entertain the readers with actual or imaginary experience in different ways. Narrative always deals with some problems which lead to the climax and then turn into a solution to the problem.
Generic Structure Narrative:
1. Orientation ( who was involved, when and where was it happened)
2. Complication ( a problem arises and followed by other problems)
3. Resolution ( provide solution to the problem)
Language features Narrative:
* Use of noun phrases ( a beautiful princess, a huge temple)
* Use of adverbial phrases of time and place ( in the garden, two days ago)
* Use of simple past tense ( He walked away from the village)
* Use of action verbs ( walked, slept)
* Use of adjectives phrases ( long black hair)
DESCRIPTION
Social Function descriptive: To describe a particular person, place or thing.
Generic Structure descriptive:
1. Identification (identify phenomenon to be described)
2. Description (describe parts, qualities, characteristics)
Language features descriptive:
* Focus on specific participants
* Use of attributive and identifying processes
* Frequent use classifiers in nominal groups.
* Use of the Simple Present Tense
NEWS ITEM
Social function news item: To inform readers or listeners about events of the day which are considered newsworthy or important.
Generic structure news item:
1. News worthy event ( tells the event in a summary form)
2. Background events ( elaborate what happened, tell what caused the incident)
3. Sources ( comments by participants, witnesses, authorities and experts involved in the event)
Language features news item:
* Information on the use of head lines.
* Use of action verbs( hit, attack)
* Use of saying verbs( said, added, claimed)
* Use of passive sentences ( Aceh was hit by Tsunami in 2004)
* Use of adverbs in passive sentences (The victims were badly injured)
REPORT
Social function report: To describe the way things are (for example: a man -made thing, animals, plants). The things must be a representative of their class.
Text organization report:
1. General classification (introduces the topic of the report/tells what phenomenon under discussion is.)
2. Description (tell the details of topic such as physical appearance, parts, qualities, habits/behaviour).
Language features report:
* Use of general nouns ( Whales, Kangaroo, Computer)
* Use of present tense(Komodo dragons usually weigh more than 160 kg)
* Use of behavioural verbs (Snakes often sunbathe in the sun)
* Use of technical terms ( Water contains oxygen and hydrogen)
* Use of relating verbs (is, are, has)
ANALYTICAL EXPOSITION
Social function analytical exposition: To persuade the readers or the listeners that something in the case, to analyze or to explain.
Generic Structure analytical exposition:
1. Thesis (usually includes a preview argument. It introduces topics and indicates the writer’s position)
2. Arguments (consists of a point and elaboration sequence. The number of points may vary, but each must be supported by discussion and evidence)
3. Reiteration (restates the position more forcefully in the light of the arguments presented)
Language features analytical exposition:
* Emotive words such as : alarmed, worried.
* Words that qualify statements such as: usual probably
* Words that link arguments such as: firstly, however, on the other hand, therefore.
* Usually present tense
* Compound and complex sentences
SPOOF
Social function spoof: To tell an event with a humorous twist.
Generic structure spoof text:
1. Orientation (who were involved, when and where was happened)
2. Events ( tell what happened in a chronological order)
3. Twist (provide the funniest part of the story)
Language features spoof:
* Use of connectives (first, then, finally)
* Use of adverbial phrases of time and place (in the garden, two days ago)
* Use of simple past tense (he walked away from the village)
HORTATORY EXPOSITION
Social function hortatory exposition: To persuade the readers or the listeners that something should or should not be the case.
Generic structure hortatory exposition:
1. Thesis ( stating an issue of concern)
2. Arguments ( giving reasons for concern, leading recommendation)
3. Recommendation (stating what ought or ought not to happen)
Language features hortatory exposition:
* Emotive words: alarmed, worried
* Words that qualify statements: usual probably
* Words that link arguments: firstly, however, on the other hand, therefore
* Usually present tense
* Compound and complex sentences
* Modal auxiliary: can, may, should, must
EXPLANATION
Social function explanation: To explain the process involved in the formation or working of natural or socio cultural phenomena
Generic structure explanation:
1. A general statement to position the reader
2. A sequenced explanation of why or how something occurs
3. Closing
Language features explanation:
* Focus on generic, non-human participants.
* Use mainly of general and abstract nouns, action verbs, simple present tense, passive voice, conjunction of time and cause, noun phrases, complex sentences, and technical language.
DISCUSSION
Social function discussion: To present information and opinions about more than one side of an issue (“for” points “against” points)
Generic structure discussion:
1. Opening statement presenting the issue
2. Arguments or evidence for different points of view ( pros and cons)
3. Concluding recommendation
Language features discussion:
* Use of general nouns: alcohol, abortion, smoking, etc.
* Use of relating verbs: is, are, etc.
* Use of thinking verbs: think, feel, hope believe, etc.
* Use of additive connectives: addition, furthermore, besides, etc.
* Use of contrastive connectives: although, even, if, nevertheless, etc.
* Use of causal connectives: because, because of, etc.
* Use of modal auxiliary: must, should, etc.
* Use of adverbial manner: hopefully.
REVIEW
Social function review: To critique an art work or event for a public audience
Generic structure review:
1. Orientation ( background information on the text)
2. Evaluation ( concluding statement : judgment, opinion, or recommendation. It can consist of more than one.
3. Interpretative Recount ( summary of an art works including characters and plot).
4. Evaluative summation: the last opinion consisting the appraisal or the punch line of the art works being criticized.
Language features review:
* Focus on specific participants
* Use of adjectives
* Use of long and complex clauses
* Use of metaphor
* Reviews are used to summarize, analyze and respond to art works. They may include: movie, TV shows, books, plays, concerts, etc.
PROSEDURProsedur fungsi sosial: Untuk membantu kami melakukan tugas atau membuat sesuatu. Mereka dapat satu set instruksi atau arah.Teks organisasi:1. Tujuan (tujuan akhir melakukan instruksi)2. Bahan (bahan, peralatan, peralatan untuk melakukan instruksi)3. Langkah (satu set instruksi untuk mencapai tujuan akhir)Bahasa fitur:
* Penggunaan imperatif (Cut ... ... .., Jangan mencampur ... ... ..)
* Penggunaan kata kerja (gilirannya, menempatkan)
* Penggunaan connectives (pertama, kemudian, akhirnya)
MenceritakanFungsi sosial menceritakan: Untuk memberitahu pembaca apa yang terjadi di masa lalu melalui urutan peristiwa.Struktur generik Recount:
1. Orientasi (yang terlibat, kapan dan di mana itu terjadi)
2. Acara (menceritakan apa yang terjadi dalam urutan kronologis)
3. Re-Orientasi (opsional - penutupan acara)
Fitur bahasa Recount:
* Penggunaan kata ganti dan kata benda (Daud, ia, dia)
* Penggunaan kata kerja di masa lalu (pergi, mempelajari)
* Penggunaan lampau (Kami pergi untuk perjalanan ke kebun binatang)
* Penggunaan frase adverbial
* Penggunaan kata sifat
NARASIFungsi sosial narasi: Untuk menghibur atau menghibur pembaca dengan pengalaman nyata atau imajiner dengan cara yang berbeda. Narasi selalu berurusan dengan beberapa masalah yang menyebabkan klimaks dan kemudian berubah menjadi solusi untuk masalah ini.Struktur generik Narasi:
1. Orientasi (siapa yang terlibat, kapan dan di mana itu terjadi)
2. Komplikasi (masalah muncul dan diikuti oleh masalah lain)
3. Resolusi (memberikan solusi untuk masalah ini)
Bahasa fitur Narasi:
* Penggunaan frasa nomina (seorang putri cantik, sebuah kuil besar)
* Penggunaan frase adverbial waktu dan tempat (di kebun, dua hari lalu)
* Penggunaan lampau sederhana (Dia berjalan menjauh dari desa)
* Penggunaan kata kerja (berjalan, tidur)
* Penggunaan frase kata sifat (rambut hitam panjang)
DESKRIPSIDeskriptif Sosial Fungsi: Untuk menggambarkan seseorang tempat, tertentu atau hal.Struktur generik deskriptif:
1. Identifikasi (mengidentifikasi fenomena yang akan dijelaskan)
2. Deskripsi (menggambarkan bagian-bagian, kualitas, karakteristik)
Bahasa fitur deskriptif:
* Fokus pada peserta tertentu
* Gunakan proses atributif dan mengidentifikasi
* Sering menggunakan pengklasifikasi dalam kelompok nominal.
* Penggunaan Simple Present Tense
BERITA ITEMFungsi item berita Sosial: Untuk menginformasikan pembaca atau pendengar tentang peristiwa sehari-hari yang dianggap layak diberitakan atau penting.Struktur generik news item:
1. Berita layak acara (memberitahu acara dalam bentuk ringkasan)
2. Latar Belakang peristiwa (rumit apa yang terjadi, katakan apa yang menyebabkan insiden tersebut)
3. Sumber (komentar oleh peserta, saksi, pihak berwenang dan ahli yang terlibat dalam acara tersebut)
Bahasa fitur berita:
* Informasi tentang penggunaan garis kepala.
* Penggunaan kata kerja (hit, serangan)
* Gunakan kata kerja mengatakan (kata, menambahkan, diklaim)
* Gunakan kalimat pasif (Aceh dilanda tsunami pada tahun 2004)
* Penggunaan kata keterangan dalam kalimat pasif (Para korban terluka parah)
LAPORANFungsi Sosial Laporan: Untuk menggambarkan cara hal-hal (misalnya: sesuatu buatan manusia, hewan, tumbuhan). Hal-hal harus mewakili kelas mereka.Teks Organisasi laporan:
1. Klasifikasi Umum (memperkenalkan topik laporan / menceritakan apa yang sedang dibicarakan fenomena.)
2. Deskripsi (memberitahu rincian topik seperti penampilan fisik, bagian, kualitas, kebiasaan / perilaku).
Fitur bahasa laporan:
* Penggunaan kata benda umum (Paus, Kangaroo, Komputer)
* Penggunaan present tense (Komodo biasanya berbobot lebih dari 160 kg)
* Gunakan kata kerja perilaku (Ular sering berjemur di matahari)
* Gunakan istilah-istilah teknis (Air mengandung oksigen dan hidrogen)
* Gunakan kata kerja yang berkaitan (adalah, apakah, memiliki)
Pameran ANALYTICALFungsi Sosial eksposisi analitis: Untuk meyakinkan pembaca atau pendengar bahwa sesuatu dalam kasus ini, untuk menganalisis atau menjelaskan.Struktur generik eksposisi analitis:
1. Tesis (biasanya mencakup sebuah argumen pratinjau. Hal ini memperkenalkan topik dan menunjukkan posisi penulis)
2. Argumen (terdiri dari titik dan urutan elaborasi. Jumlah titik dapat bervariasi, tetapi masing-masing harus didukung oleh diskusi dan bukti)
3. Pengulangan (menyatakan kembali posisi lebih kuat dalam terang argumen disajikan)
Bahasa fitur analitis eksposisi:
* Kata-kata emotif seperti: takut, khawatir.
* Kata-kata yang memenuhi syarat pernyataan seperti: biasa mungkin
* Kata-kata yang menghubungkan argumen seperti: pertama, bagaimanapun, pada sisi lain, oleh karena itu.
* Biasanya saat tegang
* Senyawa dan kalimat kompleks
LeluconSpoof fungsi sosial: Untuk memberitahu acara dengan sentuhan humor.Struktur generik teks spoof:
1. Orientasi (yang terlibat, kapan dan di mana itu terjadi)
2. Acara (menceritakan apa yang terjadi dalam urutan kronologis)
3. Putar (menyediakan bagian paling lucu dari cerita)
Bahasa fitur spoof:
* Penggunaan connectives (pertama, kemudian, akhirnya)
* Penggunaan frase adverbial waktu dan tempat (di kebun, dua hari lalu)
* Penggunaan lampau sederhana (dia berjalan jauh dari desa)
Menegur PameranFungsi Sosial menegur eksposisi: Untuk meyakinkan pembaca atau pendengar bahwa sesuatu harus atau tidak harus terjadi.Struktur generik menegur eksposisi:
1. Tesis (menyatakan masalah yang menjadi perhatian)
2. Argumen (memberikan alasan untuk perhatian, rekomendasi terkemuka)
3. Rekomendasi (menyatakan apa yang seharusnya atau seharusnya tidak terjadi)
Bahasa fitur menegur eksposisi:
* Emotif kata: khawatir, khawatir
* Kata-kata yang memenuhi syarat pernyataan: biasa mungkin
* Kata-kata yang argumen link: pertama, bagaimanapun, pada sisi lain, oleh karena itu
* Biasanya saat tegang
* Senyawa dan kalimat kompleks
* Modal tambahan: bisa, dapat, harus, harus
PENJELASANFungsi sosial Penjelasan: Untuk menjelaskan proses yang terlibat dalam pembentukan atau bekerja dari fenomena alam atau sosial budayaPenjelasan struktur generik:
1. Sebuah pernyataan umum ke posisi pembaca
2. Penjelasan sequencing mengapa atau bagaimana sesuatu terjadi
3. Penutupan
Bahasa fitur penjelasan:
* Fokus pada generik, non-manusia peserta.
* Gunakan kata benda terutama dari umum dan abstrak, kata kerja, present tense sederhana, kalimat pasif, bersama waktu dan menyebabkan, frasa nominal, kalimat kompleks, dan bahasa teknis.
PEMBAHASANFungsi Sosial diskusi: Untuk menyajikan informasi dan pendapat tentang lebih dari satu sisi dari sebuah isu ("untuk" poin "melawan" poin)Struktur generik diskusi:
1. Membuka pernyataan menyajikan masalah
2. Argumen atau bukti untuk sudut pandang yang berbeda (pro dan kontra)
3. Penutup Rekomendasi
Bahasa fitur diskusi:
* Penggunaan kata benda umum: alkohol, aborsi, merokok, dll
* Penggunaan kata kerja yang berkaitan: adalah, apakah, dll
* Gunakan kata kerja berpikir: berpikir, merasa, harapan percaya, dll
* Penggunaan aditif connectives: Selain itu, lebih jauh lagi, selain itu, dll
* Penggunaan connectives kontrastif: meskipun, bahkan, jika, namun, dll
* Penggunaan penghubung kausal: karena, karena, dll
* Penggunaan tambahan modal: harus, harus, dll
* Penggunaan secara adverbial: penuh harap.
TINJAUANFungsi sosial Tinjauan: Untuk kritik karya seni atau acara untuk khalayak umumTinjauan struktur generik:
1. Orientasi (latar belakang informasi pada teks)
2. Evaluasi (menyimpulkan pernyataan: penilaian, pendapat, atau rekomendasi ini dapat terdiri dari lebih dari satu..
3. Interpretative Recount (ringkasan dari sebuah karya seni termasuk karakter dan plot).
4. Penjumlahan evaluatif: pendapat terakhir yang terdiri penilaian atau garis pukulan seni karya dikritik.
Bahasa fitur meninjau:
* Fokus pada peserta tertentu
* Penggunaan kata sifat
* Penggunaan klausa yang panjang dan rumit
* Penggunaan metafora
* Ulasan digunakan untuk meringkas, menganalisis dan menanggapi karya seni. Mereka mungkin termasuk: film, acara TV, buku, drama, konser, dll
PROCEDURE
Social function Procedure: To help us do a task or make something. They can be a set of instructions or directions.
Text organization:
1. Goals ( the final purpose of doing the instruction)
2. Materials ( ingredients, utensils, equipment to do the instructions)
3. Steps ( a set of instruction to achieve the final purpose)
Language features :
* Use of imperative ( Cut…….., Don’t mix……..)
* Use of action verbs (turn, put)
* Use of connectives(first, then, finally)
RECOUNT
Social function recount: To tell the readers what happened in the past through a sequence of events.
Generic Structure of Recount:
1. Orientation ( who were involved, when and where was it happened)
2. Events ( tell what happened in a chronological order)
3. Re-orientation ( optional – closure of events)
Language features Recount:
* Use of pronouns and nouns ( David, he, she)
* Use of action verbs in past (went, studied)
* Use of past tense ( We went for a trip to the zoo)
* Use of adverbial phrases
* Use of adjectives
NARRATIVE
Social function narrative: To amuse or entertain the readers with actual or imaginary experience in different ways. Narrative always deals with some problems which lead to the climax and then turn into a solution to the problem.
Generic Structure Narrative:
1. Orientation ( who was involved, when and where was it happened)
2. Complication ( a problem arises and followed by other problems)
3. Resolution ( provide solution to the problem)
Language features Narrative:
* Use of noun phrases ( a beautiful princess, a huge temple)
* Use of adverbial phrases of time and place ( in the garden, two days ago)
* Use of simple past tense ( He walked away from the village)
* Use of action verbs ( walked, slept)
* Use of adjectives phrases ( long black hair)
DESCRIPTION
Social Function descriptive: To describe a particular person, place or thing.
Generic Structure descriptive:
1. Identification (identify phenomenon to be described)
2. Description (describe parts, qualities, characteristics)
Language features descriptive:
* Focus on specific participants
* Use of attributive and identifying processes
* Frequent use classifiers in nominal groups.
* Use of the Simple Present Tense
NEWS ITEM
Social function news item: To inform readers or listeners about events of the day which are considered newsworthy or important.
Generic structure news item:
1. News worthy event ( tells the event in a summary form)
2. Background events ( elaborate what happened, tell what caused the incident)
3. Sources ( comments by participants, witnesses, authorities and experts involved in the event)
Language features news item:
* Information on the use of head lines.
* Use of action verbs( hit, attack)
* Use of saying verbs( said, added, claimed)
* Use of passive sentences ( Aceh was hit by Tsunami in 2004)
* Use of adverbs in passive sentences (The victims were badly injured)
REPORT
Social function report: To describe the way things are (for example: a man -made thing, animals, plants). The things must be a representative of their class.
Text organization report:
1. General classification (introduces the topic of the report/tells what phenomenon under discussion is.)
2. Description (tell the details of topic such as physical appearance, parts, qualities, habits/behaviour).
Language features report:
* Use of general nouns ( Whales, Kangaroo, Computer)
* Use of present tense(Komodo dragons usually weigh more than 160 kg)
* Use of behavioural verbs (Snakes often sunbathe in the sun)
* Use of technical terms ( Water contains oxygen and hydrogen)
* Use of relating verbs (is, are, has)
ANALYTICAL EXPOSITION
Social function analytical exposition: To persuade the readers or the listeners that something in the case, to analyze or to explain.
Generic Structure analytical exposition:
1. Thesis (usually includes a preview argument. It introduces topics and indicates the writer’s position)
2. Arguments (consists of a point and elaboration sequence. The number of points may vary, but each must be supported by discussion and evidence)
3. Reiteration (restates the position more forcefully in the light of the arguments presented)
Language features analytical exposition:
* Emotive words such as : alarmed, worried.
* Words that qualify statements such as: usual probably
* Words that link arguments such as: firstly, however, on the other hand, therefore.
* Usually present tense
* Compound and complex sentences
SPOOF
Social function spoof: To tell an event with a humorous twist.
Generic structure spoof text:
1. Orientation (who were involved, when and where was happened)
2. Events ( tell what happened in a chronological order)
3. Twist (provide the funniest part of the story)
Language features spoof:
* Use of connectives (first, then, finally)
* Use of adverbial phrases of time and place (in the garden, two days ago)
* Use of simple past tense (he walked away from the village)
HORTATORY EXPOSITION
Social function hortatory exposition: To persuade the readers or the listeners that something should or should not be the case.
Generic structure hortatory exposition:
1. Thesis ( stating an issue of concern)
2. Arguments ( giving reasons for concern, leading recommendation)
3. Recommendation (stating what ought or ought not to happen)
Language features hortatory exposition:
* Emotive words: alarmed, worried
* Words that qualify statements: usual probably
* Words that link arguments: firstly, however, on the other hand, therefore
* Usually present tense
* Compound and complex sentences
* Modal auxiliary: can, may, should, must
EXPLANATION
Social function explanation: To explain the process involved in the formation or working of natural or socio cultural phenomena
Generic structure explanation:
1. A general statement to position the reader
2. A sequenced explanation of why or how something occurs
3. Closing
Language features explanation:
* Focus on generic, non-human participants.
* Use mainly of general and abstract nouns, action verbs, simple present tense, passive voice, conjunction of time and cause, noun phrases, complex sentences, and technical language.
DISCUSSION
Social function discussion: To present information and opinions about more than one side of an issue (“for” points “against” points)
Generic structure discussion:
1. Opening statement presenting the issue
2. Arguments or evidence for different points of view ( pros and cons)
3. Concluding recommendation
Language features discussion:
* Use of general nouns: alcohol, abortion, smoking, etc.
* Use of relating verbs: is, are, etc.
* Use of thinking verbs: think, feel, hope believe, etc.
* Use of additive connectives: addition, furthermore, besides, etc.
* Use of contrastive connectives: although, even, if, nevertheless, etc.
* Use of causal connectives: because, because of, etc.
* Use of modal auxiliary: must, should, etc.
* Use of adverbial manner: hopefully.
REVIEW
Social function review: To critique an art work or event for a public audience
Generic structure review:
1. Orientation ( background information on the text)
2. Evaluation ( concluding statement : judgment, opinion, or recommendation. It can consist of more than one.
3. Interpretative Recount ( summary of an art works including characters and plot).
4. Evaluative summation: the last opinion consisting the appraisal or the punch line of the art works being criticized.
Language features review:
* Focus on specific participants
* Use of adjectives
* Use of long and complex clauses
* Use of metaphor
* Reviews are used to summarize, analyze and respond to art works. They may include: movie, TV shows, books, plays, concerts, etc.
E-N-G (new english Generation) Aducation by awingsanara
Jumat, 25 Februari 2011
E-N-G Book
Cara mengubah dari kalimat pernyataan menjadi kalimat bertanya :
Cara mengubah dari kalimat pernyataan menjadi kalimat bertanya :
Kalimat Nominal :
ada
The book was on the table (Kalimat pernyataan)
| |
The book was on the table (Kalimat pernyataan)
| |
Was
|
The book on the table? (Kalimat pertanyaan)
|
Apakah
Kalimat Verbal yang kata kerjanya beraturan (regular verb) :
They worked yesterday (kalimat pernyataan)
| |
They worked yesterday (kalimat pernyataan)
| |
Did
|
They work yesterday?(kalimat pernyataan)
|
Apakah
Kalimat Verbal yang kata kerjanya tidak beraturan (irregular verb) :
They took the book yesterday (kalimat pernyataan)
| |
They took yesterday (kalimat pernyataan)
| |
Did
|
they take the book yesterday? (kalimat pertanyaan)
|
Apakah
KATA KERJA TIDAK BERATURAN (IRREGULER VERB)
Sesuai dengan namanya kata kerja ini memang tidak memiliki aturan yang bisa diterapkan secara menyeluruh, walaupun huruf akhir dari kata-katanya sepertinya termasuk kedalam aturan pada perubahan kata kerja beraturan. Namun sebenarnya tidak. Jadi kita memang harus mengetahui bnetuk perubahannya kata demi kata. Berikut ini beberapa contoh :
VERB I
|
VERB II
|
VERB III
|
Arti
|
eat
fall
drink
meet
write
read
hold
go
come
leave
see
make
|
ate
fell
drank
met
wrote
read
held
went
came
left
saw
made
|
eaten
fallen
drunk
met
written
read
held
gone
come
left
seen
made
|
makan
jatuh
minum
bertemu
menulis
membaca
memegang
pergi
dating
meninggalkan
melihat
mambuat
|
VERB I
|
VERB II
|
VERB III
|
Arti
|
do
speak
tell
buy
think
teach
sleep
cut
bring
steal
break
feel
send
run
understand
say
pay
sell
|
did
spoke
told
bought
thought
taught
slept
cut
brought
stole
broke
felt
sent
ran
understood
said
paid
sold
|
done
spoken
told
bought
thought
taught
slept
cut
brought
stolen
broken
felt
sent
run
understood
said
paid
sold
|
melakukan
berbicara
mengatakan
membeli
berpikir/memikirkan
mengajar
tidur
memotong
membawa
mencuri
mematahkan, pecah
merasa
mengirim
lari
paham, mengerti
berkata
membayar
menjual
|
(1) Kalimat Verbal Dalam Bentuk Future Tense
A. PENGGUNAAN KALIMAT
Kalimat verbal dalam bentuk ini digunakan untuk :
► Menyatakan perbuatan, kejadian atau peristiwa yang AKAN terjadi pada saat tertentu diwaktu yang akan datang.
KETERANGAN WAKTU :
Next ……. : ……nanti,…… depan, …….mendatang
Next week : minggu depan
Next year : tahun depan
Next Sunday : hari Minggu depan
Tonight : malam nanti
Next two days : dua hari kedepan
The day after tomorrow : lusa
Tomorrow : besok
B. POLA/SUSUNAN KALIMAT.
Dalam susunannya kalimat ini menggunakan kata kerja I (verb I) sebagai predikat yang diletakkan setelah kata kerja bantu yang berarti akan (auxiliary will/shall atau to be going to ). Untuk subjek I (saya) dan We (kami/kita) diikuti oleh shall subjek lainnya diikuti oleh will. Tapi dalam bahasa Inggris modern kita sering menjumpai I (saya) dan we (kami/kita) juga menggunakan will.
(a) Kalimat Pernyataan (Affirmative/ Positive)
` Pola kalimat ► Subjek+ will/shall/to be going to + Verb 1 + Objek + Adverb
Subjek
|
Shall/will/to be going to +
Verb 1
|
Objek
|
Adverb
|
I
|
shall study
|
English
|
at Aldios English Course
|
Saya
|
akan belajar
|
Bahasa Inggris
|
di Aldios English Course
|
You
|
will read
|
English book
|
tomorrow
|
Kamu
|
akan membaca
|
buku bahasa Inggris
|
besok
|
We
|
shall cook
|
vegetable
|
for lunch
|
Kami
|
akan memasak
|
sayur
|
untuk makan siang
|
They
|
are going to write
|
a short paragraph
|
next week
|
Mereka
|
akan menulis
|
paragraph pendek
|
minggu depan
|
(b) Kalimat Bertanya (Interrogrative/question)
► Shall/Will + SUBJEK+ VERB 1 + OBJEK + ADVERB?
► to be + SUBJEK+ going to VERB 1 + OBJEK + ADVERB?
Shal
/ will
|
Subjek
|
Verb 1/ going to Verb 1
|
Objek
|
Adverb
|
Shall
|
I
|
study
|
English
|
next week?
|
Akankah
|
saya
|
belajar
|
Bahasa Inggris
|
minggu depan?
|
Will
|
you
|
read
|
English book
|
tomorrow?
|
Akankah
|
kamu
|
membaca
|
buku bahasa Inggris
|
besok?
|
Are
|
we
|
going to cook
|
vegetable
|
for lunch?
|
Akankah
|
kami
|
memasak
|
sayur
|
untuk makan siang?
|
Will
|
they
|
write
|
a short paragraph
|
tomorrow morning?
|
Akankah
|
mereka
|
menulis
|
Paragraph pendek
|
besok pagi?
|
(c) Kalimat menidakkan (Negative)
► Subjek+ shall/will not / be not going to + VERB 1 + OBJEK + ADVERB
(a)
Subjek
|
Shall
/ will + not /be not going to
|
Verb 1
|
Objek
|
Adverb
|
I
|
shall not
|
study
|
English
|
next week
|
Saya
|
tidak akan
|
belajar
|
Bahasa Inggris
|
minggu depan
|
You
|
are not going to
|
read
|
English book
|
tomorrow
|
Kamu
|
tidak akan
|
membaca
|
buku bahasa Inggris
|
besok
|
We
|
shall not
|
cook
|
vegetable
|
for lunch
|
Kami
|
tidak akan
|
memasak
|
sayur
|
untuk makan siang
|
They
|
will not
|
write
|
a short paragraph
|
tomorrow morning
|
Mereka
|
tidak akan
|
menulis
|
Paragraph pendek
|
besok pagi
|
(d) Kalimat Bertanya Menidakkan (Negative/question)
► Shall/Will not + SUBJEK+ VERB 1 + OBJEK + ADVERB?
► to be not + SUBJEK+ going to VERB 1 + OBJEK + ADVERB?
Shall/will not
/ to be not
|
SUB
JEK
|
VERB 1
|
OBJEK
|
ADVERB
|
Shall not
|
I
|
study
|
English
|
next week?
|
Tidakkah
|
saya
|
akan belajar
|
Bahasa Inggris
|
minggu depan?
|
Will not
|
you
|
read
|
Science book
|
tomorrow?
|
Tidakkah
|
kamu
|
akan membaca
|
buku sains
|
besok?
|
Shall not
|
we
|
cook
|
vegetable
|
for lunch?
|
Tidakkah
|
kami
|
memasak
|
sayur
|
untuk makan siang?
|
Penting!!!
Cara mengubah dari kalimat pernyataan menjadi kalimat bertanya :
Kalimat Nominal :
akan
The boy will be right there (kalimat pernyataan)
| |
The boy will be right there
| |
Will
|
the boy be right there? (kalimat pertanyaan)
|
Apakah ….. akan/akankah
Kalimat Verbal yang kata kerjanya beraturan (regular verb) :
akan
The boy will keep the secret (kalimat pernyataan)
| |
The boy will keep the secret
| |
Will
|
the boy keep the secret? (kalimat pertanyaan)
|
Apakah ….. akan/akankah
(2) Kalimat Verbal Dalam Bentuk Present Continuous Tense
Kalimat ini digunakan untuk menyatakan suatu kejadian atau peristiwa yang sedang terjadi / berlangsung disaat si pembicara membicarakannya.Kata sedang dalam hal ini ditandai dengan akhiran -ing yang digabung tulisannya dengan verb 1.
Contoh :
read (membaca) + ing reading (sedang membaca)
cook (memasak) + ing cooking (sedang memasak)
untuk lebih jelasnya perhatikan cara penambahan akhiran –ing seperti berikut ini :
(a) Apabila kata kerja berakhiran dengan huruf e, maka huruf e dihilangkan terlebih dahulu baru ditambah –ing.
take taking
make making
(b) Apabila kata kerja berakhiran ie maka ie harus dganti dengan y baru boleh ditambah akhiran –ing
contoh :
die dying
lie lying
(c) Apabila kata kerja berkhiran huruf mati (consonant) tunggal didaului oleh huruf hidup (vowel), maka kita harus menggandakan huruf terakhir tersebut baru ditambah dengan akhiran –ing.
Contoh :
stop stopping
run running
(d) Apbila kata kerja tidak termasuk kedalam kategori diatas langsung ditambah akhiran –ing.
Contoh :
start starting
work working
KETERANGAN WAKTU :
Now : sekarang
Right now : sekarang juga
This moment : saat ini
POLA/SUSUNAN KALIMAT.
Dalam susunannya kalimat ini menggunakan kata kerja I (verb I) ditambang akhiran –ing sebagai predikat yang diletakkan setelah kata kerja penghubung (relational verb/verb to be). Pemakaian to be dengan subjek yang selaras lihat pada kalimat nominal dalam bentuk simple present.
(b) Kalimat Pernyataan (Affirmative/ Positive)
` Pola kalimat ► SUBJEK+ verb to be + VERB 1 + ing + OBJEK + ADVERB
Subjek
|
Verb to be
|
VERB 1 + ing
|
Objek
|
Adverb
|
I
|
am
|
studying
|
English
|
now
|
Saya
|
sedang belajar
|
Bahasa Inggris
|
sekarang
| |
You
|
are
|
reading
|
English book
|
now
|
Kamu
|
sedang membaca
|
buku bahasa Inggris
|
sekarang
| |
We
|
are
|
cooking
|
vegetable
|
for lunch
|
Kami
|
sedang memasak
|
sayur
|
untuk makan siang
| |
They
|
are
|
writing
|
a short paragraph
|
this moment
|
Mereka
|
sedang menulis
|
paragraph pendek
|
Saat ini.
|
(b) Kalimat Bertanya (Interrogrative/question)
Pola kalimat ► Verb to be + SUBJEK+ VERB 1 + ing+ OBJEK + ADVERB?
(3)
Verb
to be
|
Subjek
|
Verb 1 + ing
|
Objek
|
Adverb
|
Am
|
I
|
studying
|
English
|
now
|
Apakah
|
saya
|
belajar
|
Bahasa Inggris
|
sekarang?
|
Will
|
you
|
reading
|
English book
|
Now?
|
Apakah
|
kamu
|
membaca
|
buku bahasa Inggris
|
sekarang?
|
Are
|
we
|
cooking
|
vegetable
|
for lunch?
|
Apakah
|
kami
|
memasak
|
sayur
|
untuk makan siang?
|
Will
|
they
|
writing
|
a short paragraph
|
this moment?
|
Apakah
|
mereka
|
menulis
|
Paragraph pendek
|
saat ini?
|
(c) Kalimat menidakkan (Negative)
Pola kalimat ► SUBJEK+ verb to be + not + VERB 1 + ing + OBJEK + ADVERB
(c)
Subjek
|
Verb to be + not
|
Verb 1 + ing
|
Objek
|
Adverb
|
I
|
am not
|
studying
|
English
|
now
|
Saya
|
tidak
|
sedang belajar
|
Bahasa Inggris
|
sekarang
|
You
|
are not
|
reading
|
Science book
|
now
|
Kamu
|
tidak
|
sedang membaca
|
buku sains
|
sekarang
|
We
|
are not
|
cooking
|
vegetable
|
for lunch
|
Kami
|
tidak
|
sedang memasak
|
sayur
|
untuk makan siang
|
They
|
are not
|
writing
|
a short paragraph
|
this moment
|
Mereka
|
tidak
|
sedang menulis
|
paragraph pendek
|
Saat ini.
|
(d) Kalimat Bertanya Menidakkan (Negative question)
Pola kalimat ► Verb to be + not + SUBJEK+ VERB 1 + ing + OBJEK + ADVERB?
(d)
Verb
to be
|
Subjek
|
Verb 1 + ing
|
Objek
|
Adverb
|
Am not
|
I
|
studying
|
English
|
now?
|
Tidakkah
|
saya
|
sedang belajar
|
Bahasa Inggris
|
sekarang?
|
Are not
|
you
|
reading
|
Science book
|
Now?
|
Tidakkah
|
kamu
|
sedang membaca
|
buku sains
|
sekarang?
|
Are not
|
we
|
cooking
|
vegetable
|
for lunch?
|
Tidakkah
|
kami
|
Sedang memasak
|
sayur
|
untuk makan siang?
|
(5) Kalimat Verbal Dalam Bentuk Present Perfect Tense
A. PENGGUNAAN KALIMAT
Kalimat ini digunakan untuk menyatakan suatu kejadian atau peristiwa yang telah terjadi di waktu lampau dan masih berlangsung sampai saat si pembicara membicarakannya. Kata telah dalam hal ini ditandai dengan pemakaian kata have / has yang diletakkan sebelum verb 3 dan disesuaikan dengan subjek.
Contoh :
I have read (telah membaca) since 9 o’oclok
She has cooked (telah memasak) for two hours.
KETERANGAN WAKTU :
Since …. : sejak …
Since 9 o’clock : sejak jam 9
Since yesterday : sejak kemarin
Since Last week : sejak minggu lalu
Since Monday : sejak hari Senin
For … : selama …..
For two days : selama dua hari
For a week : selama seminggu
For two months : selama dua bulan
Bentuk kalimat ini terdiri dari dua kelompok :
Susunan kalimat yang hanya menggunakan kata have (telah). Subjek yang mendahului kata have ini adalah : I, you, we, they dan kata ganti (pronoun) lain yang bias digantikan dengan I, you, we dan they.(lihat hal 3)
B. POLA/SUSUNAN KALIMAT.
(1) Kalimat Yang menggunakan have.
Dalam susunannya kalimat ini menggunakan kata kerja III (verb 3) sebagai predikat yang diletakkan setelah kata bantu have (telah). Bentuk kata kerja ke-3 ini (kata kerja beraturan) bisa dilihat cara pembentukannya pada halaman 14 dan 15 sedangkan kata kerja tidak beraturan contohnya pada halaman 16. Berikut ini adalah bentuk atau susunan kalimat present perfect tense.
(a) Kalimat Pernyataan (Affirmative/ Positive)
` Pola kalimat ► SUBJEK+ have + VERB 3 + OBJEK + ADVERB
Subjek
|
have
|
Verb 3
|
Objek
|
Adverb
|
I
|
have
|
studied
|
English
|
since 8 o’oclock
|
Saya
|
telah
|
telah belajar
|
Bahasa Inggris
|
sejak jam 8
|
You
|
have
|
read
|
English book
|
For two hours
|
Kamu
|
telah
|
telah membaca
|
buku bahasa Inggris
|
Selama dua jam
|
You
|
Have
|
Cooked
|
vegetable
|
for lunch
|
Kalian
|
telah
|
telah memasak
|
sayur
|
untuk makan siang
|
They
|
have
|
written
|
a short paragraph
| |
Mereka
|
telah
|
telah menulis
|
paragraph pendek
|
(b) Kalimat Bertanya (Interrogrative/question)
Pola kalimat ► Have + SUBJEK+ VERB 3 + OBJEK + ADVERB?
(6)
Have
|
Subjek
|
Verb 3
|
Objek
|
Adverb
|
Have
|
I
|
studied
|
English
|
since 8 o’oclock
|
Apakah
|
saya
|
telah belajar
|
Bahasa Inggris
|
sejak jam 8
|
Have
|
you
|
read
|
English book
|
for two hours
|
Apakah
|
kamu
|
telah membaca
|
buku bahasa Inggris
|
Selama dua jam
|
Have
|
you
|
Cooked
|
vegetable
|
for lunch
|
Apakah
|
kalian
|
telah memasak
|
sayur
|
untuk makan siang
|
have
|
they
|
written
|
a short paragraph
| |
Apakah
|
mereka
|
telah menulis
|
Paragraph pendek
|
(c) Kalimat menidakkan (Negative)
Pola kalimat ► SUBJEK+ have + not + VERB 3 + OBJEK + ADVERB
(e)
Subjek
|
Have + not
|
Verb 3
|
Objek
|
Adverb
|
I
|
have not
|
studied
|
English
|
since 8 o’oclock
|
Saya
|
belum
|
telah belajar
|
Bahasa Inggris
|
sejak jam 8
|
You
|
have not
|
read
|
Science book
|
for two hours
|
Kamu
|
Belum
|
telah membaca
|
buku sains
|
Selama dua jam
|
You
|
have not
|
cooked
|
vegetable
|
for lunch
|
Kalian
|
Belum
|
telah memasak
|
sayur
|
untuk makan siang
|
They
|
have not
|
written
|
a short paragraph
| |
Mereka
|
belum
|
telah menulis
|
paragraph pendek
|
(d) Kalimat Bertanya Menidakkan (Negative/question)
Pola kalimat ► Have + not + SUBJEK+ VERB 3 + OBJEK + ADVERB?
(f)
Have not
|
Subjek
|
Verb 3
|
Objek
|
Adverb
|
Have not
|
I
|
studied
|
English ?
| |
belumkah
|
saya
|
telah belajar
|
Bahasa Inggris?
| |
Have not
|
you
|
read
|
Science book?
| |
Belumkah
|
kamu
|
telah membaca
|
buku sains ?
| |
Have not
|
you
|
cooked
|
vegetable
|
for lunch?
|
Belumkah
|
kalian
|
telah memasak
|
sayur
|
untuk makan siang?
|
(2) Kalimat yang menggunakan has
Susunan kalimat yang hanya menggunakan kata has (telah). Subjek yang mendahului kata has ini adalah : He, She, It, dan kata ganti (pronoun) lain yang bisa digantikan dengan he, dan it.(lihat hal 4). Dalam susunannya kalimat ini menggunakan kata kerja III (verb 3) seperti susunan kalimat sebelumnya sebagai predikat tapikata bantu yang dipakai adalah has (telah).
(a) Kalimat Pernyataan (Affirmative/ Positive)
` Pola kalimat ► SUBJEK+ has + VERB 3 + OBJEK + ADVERB
Subjek
|
has
|
Verb 3
|
Objek
|
Adverb
|
He
|
has
|
studied
|
English
|
since 8 o’oclock
|
Dia
|
telah
|
telah belajar
|
Bahasa Inggris
|
sejak jam 8
|
She
|
has
|
read
|
English book
|
For two hours
|
Dia
|
telah
|
telah membaca
|
buku bahasa Inggris
|
Selama dua jam
|
(b) Kalimat Bertanya (Interrogrative/question)
Pola kalimat ► Has + SUBJEK+ VERB 3 + OBJEK + ADVERB?
(3)
Has
|
Subjek
|
Verb 3
|
Objek
|
Adverb
|
Has
|
he
|
studied
|
English
|
since 8 o’oclock ?
|
Apakah
|
dia
|
telah belajar
|
Bahasa Inggris
|
sejak jam 8?
|
Has
|
she
|
read
|
English book
|
For two hours?
|
Apakah
|
dia
|
telah membaca
|
buku bahasa Inggris
|
Selama dua jam?
|
(c) Kalimat menidakkan (Negative)
Pola kalimat ► SUBJEK+ has + not + VERB 3 + OBJEK + ADVERB
(g)
Subjek
|
has + not
|
Verb 3
|
Objek
|
Adverb
|
He
|
has not
|
studied
|
English
|
since 8 o’oclock
|
Dia
|
belum
|
telah belajar
|
Bahasa Inggris
|
sejak jam 8
|
She
|
has not
|
read
|
English book
|
For two hours
|
Dia
|
belum
|
telah membaca
|
buku bahasa Inggris
|
Selama dua jam
|
(d) Kalimat Bertanya Menidakkan (Negative/question)
Pola kalimat ► Has not + SUBJEK+ VERB 3 + OBJEK + ADVERB?
(h)
Has not
|
Subjek
|
Verb 3
|
Objek
|
Adverb
|
Has not
|
he
|
studied
|
English
|
since 8 o’oclock ?
|
belumkah
|
dia
|
belajar
|
Bahasa Inggris
|
sejak jam 8?
|
Has not
|
she
|
read
|
Science book?
| |
Belumkah
|
dia
|
membaca
|
buku sains ?
|
I. MODAL AUXILIARIES
Modal Auxiliary adalah kata kerja yang mendampingi kata kerja lain. Yang termasuk modal auxiliary adalah :
may, will, should, can dan must
1. May = ( boleh, mungkin)
Kata ini berfungsi untuk :
a. Mengajukan permintaan secara secara halus
Contoh :
Viona : May I bring my cat back, Doctor?
Bolehkan saya membawa pulang kucing saya, Dokter?
Doctor : Yes, absolutely
Ya, tentu saja.
b. Memberikan izin resmi
Contoh :
Ok kids, you may walk around now and be careful.
(baiklah anak-anak, kalian boleh berkeliaran sekarang dan berhati-hatilah).
c. Memberikan informasi yang memiliki kepastian yang kurang dari 50 %.
Contoh :
Abdel : Where is my comic? (Dimana komikku?)
Temon : Oh, it may be in my bag.
(Oh, mungkin ada di dalam tasku)
Cintya : Who is that girl, Roy? (Siapa gadis itu?)
Roy : She may be Nita. Gilang’s cousin.
(Dia mungkin Nita. Sepupu Gilang.
2. Can = (bisa, dapat, boleh kah)
Kata ini berfungsi untuk :
a. Menunjukkan kemampuan
Abdan can drive a car well. (Abdan bias mengendarai mobil dengan baik)
b. Permintaan tidak resmi (informal request)
Contoh :
Laily : Oh, it rains. Can I borrow your umbrella?
(Oh hari hujan. Bolehkah saya pinjam payungmu?)
Andre : ok. (baiklah).
3. Will = (akan, mau, maukah)
Kata ini berfungsi untuk :
a. Menunjukkan kehendak (willingness)
contoh :
Willy : This assignment is difficult . (Tugas ini sulit)
Susan : Don’t worry. I will help you.
(Jangan khawatir, aku akan membantumy).
b. Menunjukkan permintaan yang sopan
Contoh :
Will you come to my birthday tomorrow night?
(Maukah kamu dating ke ulang tahunku besok malam?)
4. Should = (sebaiknya, pasti)
Kata ini berfungsi untuk :
a. Menyarankan (advisability)
Contoh :
She is a nice girl. You should be a good friend for her.
(Dia seorang gadis yang baik. Kamu sebaiknya menjadi teman yang baik bagi dia)
b. Menunjukkan 90 % kepastian (90 % certainty)
Contoh :
Bonita has trained herself for this championship. She should do the best.
(Bonita telah melatih dirinya sendiri untuk kejuaraan ini. Dia pasti melakukan yang terbaik.
5. Must = (harus, tidak boleh, pasti)
Kata ini berfungsi untuk :
a. Menunjukkan keharusan (Strong necessity)
Contoh :
There will be Englishtest tomorrow. I must study now. ( besok ada ujian bhasa Inggris, aku harus belajar sekarang)
b. Memberikan larangan (prohibition)
Contoh :
You mustn’t touch that knife. It is sharp. (Kamu tidak boleh menyentuh pisau itu.Itu tajam)
c. Memberikan kepastian lebih dari 90 %
Contoh :
She must be a good woman because she always helps others.
(Dia pasti seorang wanita yang baik karena dia selalu menolong orang lain)
6. Ought to =(sebaiknya, mungkin, harus)
Kata ini berfungsi untuk :
a. Memberikan saran
Contoh :
You oght to see a doctor about your headache. (Kamu sebaiknya memeriksakan sakit kepalamu ke dokter).
b. Menyatakan kenmungkinan
Contoh :
He went to school early this morning, so he ought to be in the class now.
(Dia pergi ke sekolah lebih pagi tadi, jadi dia mungkin ada di kelas sekarang)
c. Menyatakan keharusan (obligation)
Contoh :
You ought to say sorry for your mistake right now.
(kamu harus minta maaf atas kesalahanmu sekarang juga).
Catatan : Ought to = should.
7. Could = (dulu dapat/dulu bisa, dapatkah/bolehkah, makanya, mungkin
Kata ini berfungsi untuk :
a. Menyatakan kemampuan (dapat/bisa) di masa lampau dan tidak bisa lagi dilakukan sekarang.
Contoh :
When I was kid, I could sleep in that box.
(Waktu saya kecil saya dapat tidur dalam kotak itu.)
b. Menyampaikan permintaan
Contoh :
Could you tell me the truth? (Bisakah kamu memberitahu saya yang sebenarnya?)
c. Menyatakan akibat
Contoh :
The journey made me very tired, I could have slept for days.
(perjalanan itu membuat aku lelah, makanya aku tidur seharian)
d. Menyatakan kemungkinan
Contoh :
You could be right. (Kamu mungkin saja benar)
e. Mengindikasikan saran.
You could ask him you nstudy with us. (Kamu dapat memintanya belajar bersama kiat).
8. Was able / were able to = (dapat)
Kata ini berfungsi untuk menyatakan kemampuan di waktu lampau dan masih mungkin untuk dilakukan di saat sekarang.
Contoh :
I was able to speak English. (saya dapat berbicara dalam bahasa Inggris).
Susunan Kalimat
KALIMAT
| |
may
|
(+) s + may + verb 1 + ….
(-) s + may not + verb 1 + …
(?) May + s + verb 1 + …. ?
|
can
|
(+) s + can + verb 1 + ….
(-) s + can not + verb 1 + …
(?) Can + s + verb 1 + …. ?
|
will
|
(+) s + will + verb 1 + ….
(-) s + will not + verb 1 + …
(?) Will + s + verb 1 + …. ?
|
should
|
(+) s + should + verb 1 + ….
(-) s + should not + verb 1 + …
(?) Should + s + verb 1 + …. ?
|
must
|
(+) s + must + verb 1 + ….
(-) s + must not + verb 1 + …
(?) Must + s + verb 1 + ….. ?
|
ought to
|
(+) s + ought to + verb 1 + ….
(-) s + ought not to + verb 1 + …
(?) ought + s + to verb 1 + …?.
|
could
|
(+) s + could + verb 1 + ….
(-) s + could not + verb 1 + …
(?) Could+ s + verb 1 + …. ?
|
was able to
|
(+) s (I, he, she, it) + was + able to + verb 1 + ……
(-)s (I, he, she, it) + was not + able to + verb 1 + ……
(?) was + s (I he, she, it) + able to + verb 1 + …?
|
were able to
|
(+) s (You, we, they) + were + able to + verb 1 + ……
(-)s (You, we, they) + were not + able to + verb 1 + ……
(?) were + s (You, we, they) + able to + verb 1 + …?
|
Modal dalam Bentuk singkat (Contractions)
Positive
|
Contraction
|
Negative
|
Contraction
|
will
|
‘ll
|
will not
|
won’t
|
shall
|
‘ll
|
shall not
|
shan’t
|
can
|
can not
|
can’t
| |
could
|
could not
|
couldn’t
| |
should
|
should not
|
shouldn’t
| |
must
|
must not
|
mustn’t
|
III. KALIMAT PERINTAH (IMPERATIVE)
Dari berbagai macam kalimat, kalimat perintah adalah kalimat paling sederhana yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Kalimat ini tidak menggunakan subjek, jadi langsung kata kerja saja kadang-kadang ditambah objek atau keterangan. Berdasarkan bentuk perintahnya kalimat ini terbagi menjadi :
(1) Kalimat Perintah positif (+) / menyuruh
Susunan Kalimatnya terbgai dua
(a) Kalimat yang menggunakan kata kerja (Verbal sentence)
Susunan Kalimat : Verb 1 + Objek + Adverb
Contoh :
Verb 1
|
Objek
|
Adverb
|
Bring
|
me acup of coffee
|
now!!
|
Bawakan
|
saya secangkir kopi
|
sekarang!!
|
Pease, Sit down!!
| ||
Silahkan Duduk!!
| ||
Go out!!
| ||
Keluar!!
|
Catatan : Kita tidak memerlukan objek pada kalimat yang menggunakan kata kerja intransitive (tidak membutuhkan objek).
(b) Kalimat yang menggunakan selain kata kerja (Nominal sentence)
Susunan Kalimat : Be + Non Verb + Adverb (please)
Contoh :
Be
|
Selain kata kerja
|
Adverb
|
Be
|
Carefu!
|
Please!!
|
Hati-hati ya!!
| ||
(Pease), be
|
Silent!!
| |
Tolong
|
tenang!!
| |
Be
|
patient!!
| |
sabar ya??
|
(2) Kalimat Perintah negatif (-) / melarang
Susunan Kalimatnya terbgai dua
(a) Kalimat yang menggunakan kata kerja (Verbal sentence)
Susunan Kalimat : Don’t + Verb 1 + Objek + Adverb (Please)
Contoh :
Don’t
|
Verb 1
|
Objek
|
Adverb
|
Don’t
|
go
|
Please!!
| |
Jangan
|
Perg!!
| ||
Don’t
|
touch
|
It!!
| |
Jangan
|
sentuh
|
Itu!!
| |
Don’t
|
open !!
|
the door!!
| |
Jangan
|
Buka
|
pintu!!
|
Catatan : Kita tidak memerlukan objek pada kalimat yang menggunakan kata kerja intransitive (tidak membutuhkan objek).
(b) Kalimat yang menggunakan selain kata kerja (Nominal sentence)
Susunan Kalimat : Don’t + be + Non Verb + Adverb (please)
Contoh :
Don’t be
|
Non verb
|
Adverb
|
Don’t be
|
angry with me!!
| |
Jangan
|
marah pada saya
| |
(Pease), don’t be
|
here!!
| |
Tolong, jangan
|
disini!!
| |
Don’t be
|
noisy!!
| |
Jangan
|
ribut!!
|
II. TAG QUESTION
Tag question adalah pertanyaan diujung suatu kalimat yang bertujuan memperkuat ataupun rasa ingi tahu yang sebenarnya terhadap kepastian pernyataan yang diungkapkan pada kalimat sebelumnya. Jadi kalimat bentuk ini terdiri dari dua bagian yaitu PERNYATAAN DAN EKOR PERTANYAAN (TAG). Untuk menyusun kalimat ini dalam bahasa Inggris ada beberapa aturan yang perlu diketahui, contoh :
PERNYATAAN
|
TAG
|
You are a policeman,
|
aren’t you?
|
Kamu seorang polisi,
|
bukan?
|
You are not Rian
|
are you?
|
Kamu bukan Rian,
|
bukan?
|
1. Jika PERNYATAAN positif, maka TAG-nya negative.
2. Jika PERNYATAAN negatif, maka TAG-nya positive.
3. Jika kalimat menggunakan kata kerja bantu (auxiliary verb), maka kata kerja bantu itu di ulang pada tag tapi dalam bentuk yang berlawanan dengan yang ada pada pernyataan.
Contoh :
PERNYATAAN (negative)
|
TAG
(positif)
| ||
Subjek
|
Kata Bantu
|
Kata Kerja + adverb
| |
You
|
have not
|
gone to schhol,
|
have you?
|
Kamu
|
belum
|
pergi ke sekolah
|
bukan?
|
He
|
will not
|
come here
|
will he?
|
Dia
|
tidak akan
|
Dating kesini
|
bukan?
|
PERNYATAAN (positive)
|
TAG (negatif)
| ||
Subjek
|
Kata Bantu
|
Kata Kerja + adverb
| |
You
|
have
|
eaten lunch,
|
haven’t you?
|
Kamu
|
sudah
|
makan siang
|
bukan?
|
He
|
will
|
come here
|
won’t he?
|
Dia
|
akan
|
Dating kesini
|
bukan?
|
4. Untuk kalimat yang bentuk positif-nya tidak menggunakan kata bantu, maka untuk tag question-nya kita menggunakan : do, does, dan did.
Contoh :
He goes to school everyday, doesn.t he?
You like ice cream, don’t you? (Dia pergi ke sekolah setiap hari, bukan?)
They worked hard, didn’t they? (Mereka bekerja keras, bukan?)
It needs to repair, doesn’t it? (Ia perlu diperbaiki, bukan?)
5. Never (tak pernah), seldom (jarang), hardly (hampir tidak), rarely (jarang), scarcely (hampir tidak), barely (hamper tidak), little …..(sedikit) dan few (sedikit) memiliki arti negative, jadi tag-nya harus dalam bentuk positif.
Contoh :
Romi never loves Miska, do you??
You hardly slept last night, did you?
6. Pengecualian :Untuk “I am”, tag question-nya berubah menjadi “aren’t I ?”
Contoh : I am handsome, aren’t I?