TSUE CIMIONG FAMILY

Kamis, 14 April 2011
































it is my  daughter she was 4 years old and she is cute  girl  ,,, she try   to give us a leaf .....   :D 




JENIS _ JENIS TEKS

Hai sobat lama tak Jumpa, PADA kesempatan ini Saya Akan membahas tentang fungsi sosial, struktur fitur Bahasa Generik murah dari 12 Genre, yaitu Prosedur, Recount, Narasi, Deskripsi, News Item, Laporan, Analytical Exposition, Spoof, menegur Pameran, Penjelasan, Diskusi dan Review
PROSEDURProsedur fungsi sosial: Untuk membantu kami melakukan tugas atau membuat sesuatu. Mereka dapat satu set instruksi atau arah.Teks organisasi:1. Tujuan (tujuan akhir melakukan instruksi)2. Bahan (bahan, peralatan, peralatan untuk melakukan instruksi)3. Langkah (satu set instruksi untuk mencapai tujuan akhir)Bahasa fitur:

    
* Penggunaan imperatif (Cut ... ... .., Jangan mencampur ... ... ..)
    
* Penggunaan kata kerja (gilirannya, menempatkan)
    
* Penggunaan connectives (pertama, kemudian, akhirnya)

MenceritakanFungsi sosial menceritakan: Untuk memberitahu pembaca apa yang terjadi di masa lalu melalui urutan peristiwa.Struktur generik Recount:

   
1. Orientasi (yang terlibat, kapan dan di mana itu terjadi)
   
2. Acara (menceritakan apa yang terjadi dalam urutan kronologis)
   
3. Re-Orientasi (opsional - penutupan acara)
Fitur bahasa Recount:

    
* Penggunaan kata ganti dan kata benda (Daud, ia, dia)
    
* Penggunaan kata kerja di masa lalu (pergi, mempelajari)
    
* Penggunaan lampau (Kami pergi untuk perjalanan ke kebun binatang)
    
* Penggunaan frase adverbial
    
* Penggunaan kata sifat

NARASIFungsi sosial narasi: Untuk menghibur atau menghibur pembaca dengan pengalaman nyata atau imajiner dengan cara yang berbeda. Narasi selalu berurusan dengan beberapa masalah yang menyebabkan klimaks dan kemudian berubah menjadi solusi untuk masalah ini.Struktur generik Narasi:

   
1. Orientasi (siapa yang terlibat, kapan dan di mana itu terjadi)
   
2. Komplikasi (masalah muncul dan diikuti oleh masalah lain)
   
3. Resolusi (memberikan solusi untuk masalah ini)
Bahasa fitur Narasi:

    
* Penggunaan frasa nomina (seorang putri cantik, sebuah kuil besar)
    
* Penggunaan frase adverbial waktu dan tempat (di kebun, dua hari lalu)
    
* Penggunaan lampau sederhana (Dia berjalan menjauh dari desa)
    
* Penggunaan kata kerja (berjalan, tidur)
    
* Penggunaan frase kata sifat (rambut hitam panjang)

DESKRIPSIDeskriptif Sosial Fungsi: Untuk menggambarkan seseorang tempat, tertentu atau hal.Struktur generik deskriptif:

   
1. Identifikasi (mengidentifikasi fenomena yang akan dijelaskan)
   
2. Deskripsi (menggambarkan bagian-bagian, kualitas, karakteristik)
Bahasa fitur deskriptif:

    
* Fokus pada peserta tertentu
    
* Gunakan proses atributif dan mengidentifikasi
    
* Sering menggunakan pengklasifikasi dalam kelompok nominal.
    
* Penggunaan Simple Present Tense

BERITA ITEMFungsi item berita Sosial: Untuk menginformasikan pembaca atau pendengar tentang peristiwa sehari-hari yang dianggap layak diberitakan atau penting.Struktur generik news item:

   
1. Berita layak acara (memberitahu acara dalam bentuk ringkasan)
   
2. Latar Belakang peristiwa (rumit apa yang terjadi, katakan apa yang menyebabkan insiden tersebut)
   
3. Sumber (komentar oleh peserta, saksi, pihak berwenang dan ahli yang terlibat dalam acara tersebut)
Bahasa fitur berita:

    
* Informasi tentang penggunaan garis kepala.
    
* Penggunaan kata kerja (hit, serangan)
    
* Gunakan kata kerja mengatakan (kata, menambahkan, diklaim)
    
* Gunakan kalimat pasif (Aceh dilanda tsunami pada tahun 2004)
    
* Penggunaan kata keterangan dalam kalimat pasif (Para korban terluka parah)

LAPORANFungsi Sosial Laporan: Untuk menggambarkan cara hal-hal (misalnya: sesuatu buatan manusia, hewan, tumbuhan). Hal-hal harus mewakili kelas mereka.Teks Organisasi laporan:

   
1. Klasifikasi Umum (memperkenalkan topik laporan / menceritakan apa yang sedang dibicarakan fenomena.)
   
2. Deskripsi (memberitahu rincian topik seperti penampilan fisik, bagian, kualitas, kebiasaan / perilaku).
Fitur bahasa laporan:

    
* Penggunaan kata benda umum (Paus, Kangaroo, Komputer)
    
* Penggunaan present tense (Komodo biasanya berbobot lebih dari 160 kg)
    
* Gunakan kata kerja perilaku (Ular sering berjemur di matahari)
    
* Gunakan istilah-istilah teknis (Air mengandung oksigen dan hidrogen)
    
* Gunakan kata kerja yang berkaitan (adalah, apakah, memiliki)

Pameran ANALYTICALFungsi Sosial eksposisi analitis: Untuk meyakinkan pembaca atau pendengar bahwa sesuatu dalam kasus ini, untuk menganalisis atau menjelaskan.Struktur generik eksposisi analitis:

   
1. Tesis (biasanya mencakup sebuah argumen pratinjau. Hal ini memperkenalkan topik dan menunjukkan posisi penulis)
   
2. Argumen (terdiri dari titik dan urutan elaborasi. Jumlah titik dapat bervariasi, tetapi masing-masing harus didukung oleh diskusi dan bukti)
   
3. Pengulangan (menyatakan kembali posisi lebih kuat dalam terang argumen disajikan)
Bahasa fitur analitis eksposisi:

    
* Kata-kata emotif seperti: takut, khawatir.
    
* Kata-kata yang memenuhi syarat pernyataan seperti: biasa mungkin
    
* Kata-kata yang menghubungkan argumen seperti: pertama, bagaimanapun, pada sisi lain, oleh karena itu.
    
* Biasanya saat tegang
    
* Senyawa dan kalimat kompleks

LeluconSpoof fungsi sosial: Untuk memberitahu acara dengan sentuhan humor.Struktur generik teks spoof:

   
1. Orientasi (yang terlibat, kapan dan di mana itu terjadi)
   
2. Acara (menceritakan apa yang terjadi dalam urutan kronologis)
   
3. Putar (menyediakan bagian paling lucu dari cerita)
Bahasa fitur spoof:

    
* Penggunaan connectives (pertama, kemudian, akhirnya)
    
* Penggunaan frase adverbial waktu dan tempat (di kebun, dua hari lalu)
    
* Penggunaan lampau sederhana (dia berjalan jauh dari desa)

Menegur PameranFungsi Sosial menegur eksposisi: Untuk meyakinkan pembaca atau pendengar bahwa sesuatu harus atau tidak harus terjadi.Struktur generik menegur eksposisi:

   
1. Tesis (menyatakan masalah yang menjadi perhatian)
   
2. Argumen (memberikan alasan untuk perhatian, rekomendasi terkemuka)
   
3. Rekomendasi (menyatakan apa yang seharusnya atau seharusnya tidak terjadi)
Bahasa fitur menegur eksposisi:

    
* Emotif kata: khawatir, khawatir
    
* Kata-kata yang memenuhi syarat pernyataan: biasa mungkin
    
* Kata-kata yang argumen link: pertama, bagaimanapun, pada sisi lain, oleh karena itu
    
* Biasanya saat tegang
    
* Senyawa dan kalimat kompleks
    
* Modal tambahan: bisa, dapat, harus, harus

PENJELASANFungsi sosial Penjelasan: Untuk menjelaskan proses yang terlibat dalam pembentukan atau bekerja dari fenomena alam atau sosial budayaPenjelasan struktur generik:

   
1. Sebuah pernyataan umum ke posisi pembaca
   
2. Penjelasan sequencing mengapa atau bagaimana sesuatu terjadi
   
3. Penutupan
Bahasa fitur penjelasan:

    
* Fokus pada generik, non-manusia peserta.
    
* Gunakan kata benda terutama dari umum dan abstrak, kata kerja, present tense sederhana, kalimat pasif, bersama waktu dan menyebabkan, frasa nominal, kalimat kompleks, dan bahasa teknis.

PEMBAHASANFungsi Sosial diskusi: Untuk menyajikan informasi dan pendapat tentang lebih dari satu sisi dari sebuah isu ("untuk" poin "melawan" poin)Struktur generik diskusi:

   
1. Membuka pernyataan menyajikan masalah
   
2. Argumen atau bukti untuk sudut pandang yang berbeda (pro dan kontra)
   
3. Penutup Rekomendasi
Bahasa fitur diskusi:

    
* Penggunaan kata benda umum: alkohol, aborsi, merokok, dll
    
* Penggunaan kata kerja yang berkaitan: adalah, apakah, dll
    
* Gunakan kata kerja berpikir: berpikir, merasa, harapan percaya, dll
    
* Penggunaan aditif connectives: Selain itu, lebih jauh lagi, selain itu, dll
    
* Penggunaan connectives kontrastif: meskipun, bahkan, jika, namun, dll
    
* Penggunaan penghubung kausal: karena, karena, dll
    
* Penggunaan tambahan modal: harus, harus, dll
    
* Penggunaan secara adverbial: penuh harap.

TINJAUANFungsi sosial Tinjauan: Untuk kritik karya seni atau acara untuk khalayak umumTinjauan struktur generik:

   
1. Orientasi (latar belakang informasi pada teks)
   
2. Evaluasi (menyimpulkan pernyataan: penilaian, pendapat, atau rekomendasi ini dapat terdiri dari lebih dari satu..
   
3. Interpretative Recount (ringkasan dari sebuah karya seni termasuk karakter dan plot).
   
4. Penjumlahan evaluatif: pendapat terakhir yang terdiri penilaian atau garis pukulan seni karya dikritik.
Bahasa fitur meninjau:

    
* Fokus pada peserta tertentu
    
* Penggunaan kata sifat
    
* Penggunaan klausa yang panjang dan rumit
    
* Penggunaan metafora
    
* Ulasan digunakan untuk meringkas, menganalisis dan menanggapi karya seni. Mereka mungkin termasuk: film, acara TV, buku, drama, konser, dll




PROCEDURE
Social function Procedure: To help us do a task or make something. They can be a set of instructions or directions.
Text organization:
1. Goals ( the final purpose of doing the instruction)
2. Materials ( ingredients, utensils, equipment to do the instructions)
3. Steps ( a set of instruction to achieve the final purpose)
Language features :

    * Use of imperative ( Cut…….., Don’t mix……..)
    * Use of action verbs (turn, put)
    * Use of connectives(first, then, finally)


RECOUNT
Social function recount: To tell the readers what happened in the past through a sequence of events.
Generic Structure of Recount:

   1. Orientation ( who were involved, when and where was it happened)
   2. Events ( tell what happened in a chronological order)
   3. Re-orientation ( optional – closure of events)

Language features Recount:

    * Use of pronouns and nouns ( David, he, she)
    * Use of action verbs in past (went, studied)
    * Use of past tense ( We went for a trip to the zoo)
    * Use of adverbial phrases
    * Use of adjectives


NARRATIVE
Social function narrative: To amuse or entertain the readers with actual or imaginary experience in different ways. Narrative always deals with some problems which lead to the climax and then turn into a solution to the problem.
Generic Structure Narrative:

   1. Orientation ( who was involved, when and where was it happened)
   2. Complication ( a problem arises and followed by other problems)
   3. Resolution ( provide solution to the problem)

Language features Narrative:

    * Use of noun phrases ( a beautiful princess, a huge temple)
    * Use of adverbial phrases of time and place ( in the garden, two days ago)
    * Use of simple past tense ( He walked away from the village)
    * Use of action verbs ( walked, slept)
    * Use of adjectives phrases ( long black hair)


DESCRIPTION
Social Function descriptive: To describe a particular person, place or thing.
Generic Structure descriptive:

   1. Identification (identify phenomenon to be described)
   2. Description (describe parts, qualities, characteristics)

Language features descriptive:

    * Focus on specific participants
    * Use of attributive and identifying processes
    * Frequent use classifiers in nominal groups.
    * Use of the Simple Present Tense


NEWS ITEM
Social function news item: To inform readers or listeners about events of the day which are considered newsworthy or important.
Generic structure news item:

   1. News worthy event ( tells the event in a summary form)
   2. Background events ( elaborate what happened, tell what caused the incident)
   3. Sources ( comments by participants, witnesses, authorities and experts involved in the event)

Language features news item:

    * Information on the use of head lines.
    * Use of action verbs( hit, attack)
    * Use of saying verbs( said, added, claimed)
    * Use of passive sentences ( Aceh was hit by Tsunami in 2004)
    * Use of adverbs in passive sentences (The victims were badly injured)


REPORT
Social function report: To describe the way things are (for example: a man -made thing, animals, plants). The things must be a representative of their class.
Text organization report:

   1. General classification (introduces the topic of the report/tells what phenomenon under discussion is.)
   2. Description (tell the details of topic such as physical appearance, parts, qualities, habits/behaviour).

Language features report:

    * Use of general nouns ( Whales, Kangaroo, Computer)
    * Use of present tense(Komodo dragons usually weigh more than 160 kg)
    * Use of behavioural verbs (Snakes often sunbathe in the sun)
    * Use of technical terms ( Water contains oxygen and hydrogen)
    * Use of relating verbs (is, are, has)


ANALYTICAL EXPOSITION
Social function analytical exposition: To persuade the readers or the listeners that something in the case, to analyze or to explain.
Generic Structure analytical exposition:

   1. Thesis (usually includes a preview argument. It introduces topics and indicates the writer’s position)
   2. Arguments (consists of a point and elaboration sequence. The number of points may vary, but each must be supported by discussion and evidence)
   3. Reiteration (restates the position more forcefully in the light of the arguments presented)

Language features analytical exposition:

    * Emotive words such as : alarmed, worried.
    * Words that qualify statements such as: usual probably
    * Words that link arguments such as: firstly, however, on the other hand, therefore.
    * Usually present tense
    * Compound and complex sentences


SPOOF
Social function spoof: To tell an event with a humorous twist.
Generic structure spoof text:

   1. Orientation (who were involved, when and where was happened)
   2. Events ( tell what happened in a chronological order)
   3. Twist (provide the funniest part of the story)

Language features spoof:

    * Use of connectives (first, then, finally)
    * Use of adverbial phrases of time and place (in the garden, two days ago)
    * Use of simple past tense (he walked away from the village)


HORTATORY EXPOSITION
Social function hortatory exposition: To persuade the readers or the listeners that something should or should not be the case.
Generic structure hortatory exposition:

   1. Thesis ( stating an issue of concern)
   2. Arguments ( giving reasons for concern, leading recommendation)
   3. Recommendation (stating what ought or ought not to happen)

Language features hortatory exposition:

    * Emotive words: alarmed, worried
    * Words that qualify statements: usual probably
    * Words that link arguments: firstly, however, on the other hand, therefore
    * Usually present tense
    * Compound and complex sentences
    * Modal auxiliary: can, may, should, must


EXPLANATION
Social function explanation: To explain the process involved in the formation or working of natural or socio cultural phenomena
Generic structure explanation:

   1. A general statement to position the reader
   2. A sequenced explanation of why or how something occurs
   3. Closing

Language features explanation:

    * Focus on generic, non-human participants.
    * Use mainly of general and abstract nouns, action verbs, simple present tense, passive voice, conjunction of time and cause, noun phrases, complex sentences, and technical language.


DISCUSSION
Social function discussion: To present information and opinions about more than one side of an issue (“for” points “against” points)
Generic structure discussion:

   1. Opening statement presenting the issue
   2. Arguments or evidence for different points of view ( pros and cons)
   3. Concluding recommendation

Language features discussion:

    * Use of general nouns: alcohol, abortion, smoking, etc.
    * Use of relating verbs: is, are, etc.
    * Use of thinking verbs: think, feel, hope believe, etc.
    * Use of additive connectives: addition, furthermore, besides, etc.
    * Use of contrastive connectives: although, even, if, nevertheless, etc.
    * Use of causal connectives: because, because of, etc.
    * Use of modal auxiliary: must, should, etc.
    * Use of adverbial manner: hopefully.


REVIEW
Social function review: To critique an art work or event for a public audience
Generic structure review:

   1. Orientation ( background information on the text)
   2. Evaluation ( concluding statement : judgment, opinion, or recommendation. It can consist of more than one.
   3. Interpretative Recount ( summary of an art works including characters and plot).
   4. Evaluative summation: the last opinion consisting the appraisal or the punch line of the art works being criticized.

Language features review:

    * Focus on specific participants
    * Use of adjectives
    * Use of long and complex clauses
    * Use of metaphor
    * Reviews are used to summarize, analyze and respond to art works. They may include: movie, TV shows, books, plays, concerts, etc.