BONCAH TANGKULUAK

Selasa, 28 Mei 2013


 Pulau sialang (081374726773)

Dahulu kalah ada sebuah kisah yang berasal dari daerah kapur 9. Yaitu BoncahTankuluak.
Tangkuluak adalah wanita yang sangat  hebat, Tangkuluak dilahir di Kapur IX ... Mengapa orang menyebutnya kapur sembilan, apakah anda tahu ?Kapur Sembilan memiliki sembilan desa dan  setiap desa memiliki bahasa yang  berbeda tetapi dialeknya, tetapi Tangkuluak itu dilahir di Pulau sialang .. Apakah Anda tahu Pulau sialang ...? mengapa orang menyebutnya Pulau sialang ..?, dahulu sebelum terjadinya perkembangan di daerah kapur sembilam  alternative akses transportasi yaitu melaui sungai, setiap orang  di kapur sembilan menggunakan sampan (perahu) untuk menuju suatu daerah.  Kapur sembilan, adalah salah satu daerah yang memilih sungai yang besar  sehingga sungai adalah salah satu cara yang terbaik untuk mengadakan perjalanan ke suatu tempat, mereka menggunakan rakit dan perahu untuk pergi ke suatu tempat, suatu hari ada pedagang yang  melakukan perjalan ,pedagang tersebut berasal dari suatu desa yaitu sialang mereka mengadakan perjalanan ke daerah Bangkinang untuk mencari  makanan untuk kebutuhan sehari – hari seperti garam, gula, dan lain2 mereka melakuka perjalan yang sangat pajang  dengan mealiri sungai yang ada di kapur Sembilan,diperjalanan tersebut mereka sering singgah di sebuat pulau dan bermalam disana dan keesokan hari nya mereka melanjudkan perjalananya, begitu juga sebaliknya kalu mereka sudah kembali, mereka juga beristirahat di pulau tersebut itu mereka lakukan berulang –ulang. Dan ada sebahagian dari mereka membuat sebuah rumah kecil dan tinggal disana lama kelamaan meraka memanggil tempat tersebut pulau sialang yang artinya pulau tempat orang sialang singga dan tinggal disana. nama Pulau sialang sudah sangat terkenal .... dan sekarang pulau sialang sudah menjadi desa yang besar,,, setelah beberapa tahun kemudian ada seorang perempuan miskin yang melahir seorang wanita cantik bernama Tankuluak, Tangkuluak adalah wanita yang sangat hebat karena dia sangat lucu dan cantik, semua orang yang mencintainya banyak pedagang datang kerumah Tangkuluak... setelah dia berumur 6 tahun tangkulak dilamar oleh pedagang tapi ibunya tidak mau karena Tangkulak masih kecil waktu itu .. banyak hadiah yang diberikan oleh pedagang itu kepada Tangkuluak, seperti kain, cincin, perhiasan, dan emas ....
Setelah tangkuluak berusia 17 tahun Tangkulat sudah menjadi  gadis yang sangat cantik,  banyak pedagang kayah menyukai Tangkuluak, suatu hari tangkuluak di undang oleh para pedagang untuk datang kesebuah pesta besar, Tangkuluak dikirimi baju lengkap denga perhiasannya yang dikirimi oleh pedagang tersebut  hal itu membuat Tangkuluak sangat bangga dan besar hati sekali .. dengan hal tersebut ada suatu hal yang menyanggal fikiran nya yaitu ibunya karna ibunya adalah  seorang wanita miskin dan sangat kolot, dan hal ini akan membuat tangkuluak menjadi malu.
sebelum mereka pergi ke pesta dia berbicarakepa ibunya :
dialog antara ibu dan Tangkuluak
Tangkuluak         : ibu saya tidak mau ibu hadir dalam pesta ini karena ibu akan mengacaukan semuanya  
Ibu                       : tidak percayalah putri ku saying, kata ibunya. Tangkulauk         : tetapi saya tidak ingin pergi dengan ibu ... karena ibu tidak memiliki pakain yang bagus dan perhiasan ..  
Ibu              : itu tidak apa-apa putriku, mereka juga meminta saya untuk menghadiri pesta tersebut dan saya ingin melihat pesta itu juga, izinkan saya pergi dengan mu anak ku.? Sambil ibunya memeluk anaknya
Tangkulauk: tidak-tidak. .... kata Tangkulauk  
Ibu              : jika kamu tidak ingin mengizinkan ibu, ibu juga akan pergi ke pesta tersebut, kata ibunya .. dengan ekspresi sedih. setelah beberapa jam kemudia tangkuluak sudah siap dan dia sangat cantik sekali pakaian yang di kirim pedagang tersebut sangat cocok sekali dengan tubuhnya yang sangat cantik dan gemulai, kemudian Tangkuluak pergi meninggalkan ibunya di rumah .. ibunya sangat sedih dan dia menangis tetapi seteah beberapa jam kemudian ibunya akhirnya menguatkan hatinya untuk datang kepesta tersebut, setelah beberapa menit kemudian tangkuluak sampai kepesta tersebut dan semua memandang tangkulak karena dia wanita yang sangat cantik semua mata tertujuh kepada tangkuluak termasuk para pedagang tersebut, tetapi ibunya  merasa sedih dan menangis sepanjang jalan sambil berdoa kepada Tuhan untuk memberikan jalan kepada putrinya dan membimbing Tangkuluak untuk tidak sombong dan angkuh.
Setelah beberapa menit perjlanan ibunya juga sampai ketempat pesta tersebut dan orang juga terkejud melihat ibu tangkuluak karna hanya dia wanita yang pakaian nya tidak bagus tetapi ibu tangkuluak tidak pedulih karna melihat anaknya yang sangat cantik itu di perlakukan sangat baik sekali seperti tuan putri.  tapi malah sebaliknya setelah Tangkuluak mengetahui ibunya datang dia sangat marah karena ibunya, Tangkulak melihat ibunya dengan tatapan marah sekalai, karena ini bisa membuat tangkuluak menjadai malu kepada para pedagang tersebut ... setelah semua pesta itu selesai... Tangkuluak pulang .. tapi ibunya mencoba untuk mendekati tangkulak tetapi Tangkulak malah memarahi  ibunya dan mengatakan ibu gadis miskin ..! dan mengapa ibu juga datang kepesta ini, ibu telah mempermalukan aku. kata tangkuluak kepada ibunya ... mendengar perkataan tersebut hancurlah semua harapan dan kebahagiannya dan dia sangat terluka sekali dia tidak tahu mau berkata apa kepda anak nya hanya setetes air mata yang jatu di pipi ibunya yang semakin lama semakin keriput dan kemudian ibunya duduk di pematang sawah sambil berdoa kepada  Tuhan.
Ya tuhan berikan jalan yang terbaik kepada anak ku  ...! mengapa dia menjadai angkuh atas anugrah yang telah engkau berikan kepadanya,dan mengapa putri saya seperti ini, yah.... tuhan tunjukanlah semua kekuatan mu dan sabarkan lah aku dalam menghadapi ini semua….
Dengan tubuh yang sangat lemah dan cucuran air mata membasahi pipinya yang perlahan – lahan mulai keriput. Dan ibunya terus berdoa kepada allah supaya semuanya berubah. Langkah demilangka ibunya melewati pematang sawah yang tidak tau dia mau berkata dan hanya air matalah yang bisa dia lakukan.
setelah beberapa menit kemudian hari mulai menggelap bertanda mau hujan dan dia mengikuti putrinya dari belakang. Tapi sebaliknya tangkuluak malah senang sekali karna dia mendapatkan banyak hadiah dari pedagang tersebut dan dia tidak memikirkan ibunya yang terluka oleh tangkuluak, kemudian tangkuluak terkejud karenah dia menyadari kalau waktu itu cuaca agak mendung dan dia mencoba untuk berjalan lebih cepat lagi dan dia sangat takut kalau hadiah yang diberikan oleh pedagang tersebut basah.
Disaat itu lah tangkuluak terpeleset dan dia tercebur kelumpur yang sangat dalam. Tangkuluak mencoba untuk meraih benda – benda yang ada di sekitarnya dan mencoba berteriak tetapi tidak seorangpun yang mendengarnya. Tetapi malah sebaliknya ibunya yang sangat tua tersebut tidak merasa senang dan karna ada yang menjanggal di fikiran nya dan dia takut sekali kalau terjadi apa – apa pada anaknya. Kemudian ibunya berlari, sambil berteriak tangkuluak, tangkuluak , tangkuluak,,,,,, dan kemudia dia mendengar kalau tangkuluak berteriak minta tolong sambil memanggil ibu. ibu .. ibu bantu aku. tolongt ibu bantu aku..... ibuuuuuuuu. ketika itu ibunya berlari sekuatnya  tetapi ibunya terlambat karna tangkuluak telah tenggelam dilumpur rawah tersebut. Melihat seperti itu ibunya tidak bisa menahan rasa yang sangat pedih sekali karna anak satu –satunya yang dia sayangi dan di manjahnya telah ditelan oleh bumi. Perkikan dan tangis ibunya membuat semua orang didesa tersbut berdatangan dan melihat kejadian tersebut tetapi mereka tidak menemukan apa apa kecuali selendang tangkuluak. Dari situlah nama daerah itu diberinama Bencah Tangkuluak
Post by 
Tsue cimiong
translate to english
dan kemudian di translate oleh seorang maha siswa yang berasal dari Australia yg bernama Matt thomas.
 TANGKULUAK
do you know Tangkuluak.?
well .. here guys 
I will tell you about Tangkulak
tangkuluak it was greats child.... Tangkuluak was born in Kapur IX... Why the people call kapur sembilan, ( nine lands) Kapur sembilan has nine region village.. every village have different  language but Tangkuluak it was born in Pulau sialang.. Do you know Pulau sialang...? why the people call Pulau sialang..?, long time ago there was no road in Kapur sembilan, one of the them choose river is one of good ways to get somewhere, they used raft dan boat to went somewhere, some day  there were merchants pass a island It is mean in Pulau sialang, the merchants from sialang... so the stay there for take rest cause heavy water flow.. it made some merchants big tired and the tried to make some huts and live there, cause a lot merchants stay there they were giving the name of pulau sialang.... Sialang islands and right now it was big village,,, after few years later there was poor women  born the beautiful ladies the name of Tankuluak, it was greats child because they are very cute and pretty girl, all the people love her very much a lots merchants come to Tangkuluak home... after she was 6 years old tangkulak was proposed by merchants but her mother didn't wanna because Tangkulak was child for that time.. a lot surprise that Tankuluak got from  merchants, like cloths, ring, jewelry, and gold.... after tangkulak get 17 years old
Tangkulat it was lovely girl, she was beautiful girl, some day there is rich merchants invite him to come the big party for that time... merchants recommended every thing for Tankuluak .. and before they went to the party she talked to here mother..
dialog between mom and Tangkuluak
Tangkuluak : mom I don't wanna you attend for this party because you will mess up every thing
Mother : no my daughter trust me said her mom.
tangkulauk : but i don't wanna go with you... because you haven't good cloths and jewelry..
Mother : it was ok my daughter, they also asking me to attend for this party i wanna see, allow me go with you.? asking her mom.
Tangkulauk : no.no.no.no..... said Tangkulauk
Mother : if you don't wanna allow me I also wanna come to the party said her mom.. with sadness expression.
after any hours Tankuluak go the first and leave her mom at home.. her mom it was hurts cause Tankuluak, she  try to pray for god to guider Tankuluak for heartiness, but her mom cry for the god and she did some midday payer.... and she pray for god to show up everything for her daughter..
after she got ready prayer she went to merchants party, in there she was very happy because  she saw her daughter get good service from merchants and she was very surprise,... but after Tangkuluak known her mom came she was very angry for her mom, Tangkulak saw her mom by deep thing...
after all the party was be gone ...
Tangkulak went home.. but her mom try to close to Tangkulak but Tangkulak got angry for her mom and say you are poor girl ..! and you aren't my mom. 
her mom ... was injured already and sit a big banks of rice field and pretty for god help me ...! why my daughter like this show me all the power of you...
after any minutes her my follow her daughter from behinds so Tangkulak was very happy because her mom leave her and she was singing on the ways... on the way Tankuluak pass up the deep muddy and she was slipper and fall into the mud after that tankuluak there wasn't power to reached the grounds life ... so she was scream to her mom.. mom..mom help me. help me. help me.... cause her mom hear her daughter call, she was running into tangkuluak she thinks that Tangkulauk was realize her mistake but after her mom come she just saw Tankuluak finger and her shawl...
her mom was cry and try to reach tangkulak but it was late ... tangkulak was  swallowed by the earth...
and her mom was sad cause of all
and now her mom always visit tangkuak mud,, 
post by :Tsue ciming (awingsanara)
 

0 komentar:

Posting Komentar