penggunaaan ADVERB

Senin, 07 Oktober 2013

DVERBS

Adverb (kata keterangan/tambahan) adalah kata yang dipakai untuk menerangkan bagian dari tata bahasa yang mana saja kecuali kata benda dan kata ganti.

a) Adverb menerangkan kata kerja

Contoh: She speaks English fluently. Ia berbicara bahasa Inggris dengan fasih

b) Adverb menerangkan kata sifat

Contoh: It’s now too hot to play tennis. Sekarang udara terlalu panas untuk bermain tenis

c) Adverb menerangkan kata adverb lainnya

Contoh: She sings very well. Ia menyanyi dengan baik sekali

d) Adverb menerangkan kata depan

Contoh: The cat was sitting almost outside the door. Kucing itu sedang duduk hampir di luar pintu

Di sini adverb almost menerangkan kata depan outside.

e) Adverb menerangkan kata sambung

Contoh: I want to know precisely how the accident happened. Saya ingin mengetahui secara pasti bagaimana kecelakaan itu terjadi

Adverb dapat menerangkan bukan saja kata-kata yang terpisah tetapi juga sebuah kalimat asertif (yaitu kalimat yang hanya menegaskan atau menyangkal sesuatu). Dalam hal ini adverb harus ditempatkan di posisi awal kalimat.

Contoh: Evidently your success depends chiefly on yourself. Jelaslah keberhasilan anda terutama tergantung pada anda sendiri

Unfortunately, we don’t know much English. Sayang sekali kami tidak dapat berbahasa Inggris banyak

Adverb dibagi kedalam tiga golongan :
Simple adverb
Interrogative adverb
Relative adverb

1) Simple adverb

Kata-kata tambahan ini dapat dibedakan dari satu dengan yang lain menurut artinya :

a) Time (waktu)

Adverb of time (kata keterangan waktu)

Contoh: I did this before, and he has done it since. Saya melakukan hal ini dulu, dan ia telah melakukannya sejak waktu itu

Kata keterangan waktu yang utama ialah: now, then (pada waktu itu), since (sejak waktu itu), before (lebih dahulu), ago (dulu, dahulu), already (sudah), soon (segera), immediately (segera, dengan segera), instantly (dengan segera), presently (segera, sekarang), late (terlambat), lately (akhir-akhir ini), early (pagi-pagi), afterwards (sesudah itu, kemudian), today (hari ini), yesterday (kemarin), tomorrow (besok), dsb.

b) Place adverbs of place (kata keterangan tempat)

Contoh: You may sit here. Anda boleh duduk di sini

Kata keterangan tempat yang utama: here, there, hence (dari sini), thence (dari sana), above (di atas), below (di bawah, ke bawah), in (di atau masuk ke tempat, posisi dsb, ada/tidak absen), out (di luar, tidak di rumah), inside (di dalam, ke dalam), outside (di luar, ke luar), hither (ke/menuju tempat ini, di sana, ke sana), within (dalam), without (luar, di luar), far (jauh), near (di atau ke suatu jarak yang dekat, tidak jauh), dsb.

c) Number (bilangan)

Adverbs of number (kata keterangan bilangan)

Contoh: I did it twice. Saya melakukannya dua kali

Kata keterangan bilangan yang utama: once (satu kali, sekali), twice (dua kali), thrice, again (lagi), firstly (pertama, pertama-tama), secondly (kedua), always (selalu), never (tak pernah), often (sering), seldom (jarang), sometimes (kadang-kadang), dsb.

d) Manner, quality, or state

Kata keterangan cara, sifat atau keadaan.

Contoh: She did her work quickly. Ia mengerjakan pekerjaannya dengan cepat

Termasuk golongan adverb ini: well (dengan baik), ill (jelek, dengan jelek), badly (jelek, kurang senonoh), amiss (salah), fluently (dengan lancar), probably (mungkin), possibly (mungkin), may be (mungkin), perhaps (barangkali), must be (tentu/pasti), thus (demikian), so (begitu, amat), dsb.

e) Quantity, extent or degree (banyaknya, taraf atau tingkat)

Contoh: He is almost a heavyeater. Ia hampir menjadi jago makan

Termasuk adverb golongan ini: very, too (terlalu), quite (sungguh), much, almost, little (sedikit sekali), a little (sedikit), somewhat (agak), rather (agak, cukup), so (begitu dalam arti sampai sedemikian luas/besar), half (setengah), partly (sebagian), wholly = completely = entirely = totally (sama sekali), really (sesungguhnya), actually (sesungguhnya), honestly (secara jujur), truthfully (dengan sebenarnya), dsb.

f) Affirming or denying (menegaskan atau menyangkal)

Contoh: He did not go after all. Akhirnya ia tidak pergi

Termasuk adverb golongan ini: yea (ya, betul), nay (tidak), yes (ya), no (tidak), not (tidak, bukan), by all menas (tentu saja), not at all (sama sekali tidak).

2) Interrogative adverb

Kata-kata tambahan/keterangan yang dipakai untuk mengajukan pertanyaan:

a) Time (waktu)

Interrogative adverb of time (kata keterangan penanya waktu)

Contoh:
When did you come? kapan anda datang?
How long will you stay here? berapa lama anda akan tinggal disini?

b) Place (tempat)

Contoh:
Where do you live? anda tinggal dimana?
Whence have they come? mereka (telah) datang dari mana?
Whither are you going? kemana anda akan pergi?

c) Number (bilangan)

Contoh: How often do you eat? berapa kali anda makan?

d) Manner, quality, or state (cara, sifat, atau keadaan)

Contoh:
How did you do that? bagaimana caranya anda melakukan itu?
How are you today? bagaimana kesehatan anda hari ini?

e) Quantity or degree (banyaknya atau tingkat)

Contoh: How far was that news true? sampai berapa jauh berita itu benar?

f) Cause or reason (sebab atau alasan)

Contoh:
Why did he leave? mengapa ia pergi?
Wherefore did she weep? mengapa ia menangis?

Catatan :

Adverb how kadang-kadang dipakai dalam pengertian seru

Contoh:
How hot it is today! alangkah panasnya hari ini!
How beautiful that view is! alangkah indahnya pemandangan itu!
How much disappointed he will be! ia akan betapa kecewanya!

Adverb what dalam pengertian taraf atau tingkat, atau dalam arti kata untuk menunjukkan kejutan, kemarahan, kesukaan dan sebagainya, dengan cara yang sama dipakai dalam pengertian seru.

Contoh:
What a foolish fellow you are! kau seorang yang alangkah tololnya!
What clever daughters you have! anda mempunyai putri-putri yang betapa pandainya!

3) Relative adverb

Kata-kata tambahan ini dalam bentuk yang sama seperti interrogative adverb, tetapi sebagai pengganti untuk mengajukan pertanyaan, kata-kata itu menghubungkan dua kalimat menjadi sebuah kalimat. Oleh karena itu, relative adverb merupakan part of speech ganda yaitu adverb dan conjunction digabungkan, adverb ini juga disebut conjunction adverb.

Relative adverb berhubungan dengan antecedent (kata atau bagian kalimat yang mendahului kata ganti) yang dinyatakan atau dimengerti, seperti yang dilakukan relative pronoun :

a) Antecedent dinyatakan

Contoh: This is the house where we live. Inilah rumah dimana kami tinggal

Di sini where merupakan adverb, karena ia menerangkan kata kerja live, sedangkan the house adalah antecedent.

b) Antecedent dimengerti

Contoh: Let me know when (= the time by which) you will live. Beritahulah saya kapan anda akan pergi

The sebagai relative adverb. Kata the merupakan relative adverb of quantity (kata keterangan penghubung kuantitas) dan selalu diikuti oleh antecedent the yang merupakan demonstrative adverb of quantity (kata keterangan penunjuk kuantitas).

The more (wealth) we have, the more we desire. Lebih banyak (kekayaan) yang kita miliki, lebih banyak yang kita inginkan

Degrees of Comparison in Adverb

Beberapa kata keterangan mempunyai tingkat perbandinghan seperti kata sifat dan ini dibentuk dengan cara yang sama.

a) Kalau adverb merupakan sebuah kata yang bersuku kata satu, komparatif dibentuk dengan menambahkan er dan superlatif dengan menambahkan est.Positif Komparatif Superlatif
Late (terlambat)


Late (terlambat)

Long (lama)

near(dekat)

soon (segera, dgn cepat) Later (kemudian)


Later (kemudian)

longer (lebih lama)

nearer (lebih dekat)

sooner(lebih cepat) Later (kemudian)


Latest (terakhir)

Longest (terlama)

nearest(terdekat)

soonest( paling cepat)


b) Beberapa adverb membentuk tingkat perbandingan secara tidak teratur.Positif Komparatif Superlatif
Well (dengan baik)


ill (jelek)

badly (jelek)

forth (selanjutnya)

far (jauh)

much (jauh)

little (sedikit) Better (lebih baik)


Worse (lebih jelek)

Worse (lebih jelek)

Further (lebih lanjut)

Farther (lebih jauh)

More (lebih jauh)

Less (kurang) Best (paling baik)


Worst (paling jelek)

Worst (paling jelek)

Furthest (paling jauh)

Farthest (paling jauh)

Most (paling jauh)

Least (paling sedikit)


c) Adverb yang berakhiran ly, komparatif dibentuk dengan menambahkan more dan superlatif dengan menambahkan most :Positif Komparatif Superlatif
Busily (sibuk)


Slowly (pelan-pelan) More busily (lebih sibuk)


More slowly (lebih pelan) Most busily (paling sibuk)


Most slowly (paling pelan)


Catatan :

Namun adverb early, dengan mengganti y menjadi i, lalu ditambah er untuk membentuk komparatif dan menambahkan est untuk superlatif.

Bentuk adverb

a) Beberapa adverb mempunyai bentuk yang sama seperti adjective.Adjective Adverb
Early (pagi-pagi)


Long (panjang)

Loud (yang keras suara)

Hard (keras, sukar, susah)

Late (yang terlambat)

Only (satu-satunya, tunggal)

Fast (cepat)

Enough (yang cukup)

Far (yang jauh)

Near (dekat)

Much (banyak)

High (tinggi)

Low (rendah)

Good (baik) Early (pagi-pagi)


Long (lama)

Loud (demgam keras [suara])

Hard (keras, sukar, susah)

Late (dengan terlambat)

Only (hanya)

Fast (dengan cepat)

Enough (dengan cukup)

Far (jauh)

Near (dekat)

Much (sangat, jauh)

High (tinggi)

Low (rendah)

Well (dengan baik)


Akan tetapi hard, late, near, high dan low, jika ditambahkan ly, kata-kata itu tidak lagi memiliki makna yang sama :
hardly = hampir tidak
lately = akhir-akhir ini
nearly = hampir
highly = sangat

lowly = dengan merendahkan diri

b) Adverbs dalam bentuk “ly”

Kebanyakan adverb dibentuk dari kata sifat dengan menambahkan ly (tetapi tidak selalu demikian):Adjective Adverb
Happy (senang, bahagia)


Wise (bijaksana)

Tender (lunak, lembut)

Clever (pandai, cakap)

Free (bebas)

Hopeful (penuh harapan)

Hopeless (tidak ada harapan) Happily (dgn senang, bahagia)


Wisely (dgn bijaksana)

Tenderly (dgn lunak, lembut)

Cleverly (dgn pandai, cakap)

Freely (dgn bebas)

Hopefully (dgn penuh harapan)

Hopelessly (dgn tiada harapan)


Dua cara pemakaian adverb

Seperti dalam hal kata sifat, ada dua cara yang berbeda dalam pemakaian adverb, yaitu atributif dan predikatif.

a) Attributive use (pemakaian atributif)

Adverb dipakai secara atributif, bilamana adverb menerangkan katanya secara biasa, yaitu bilamana adverb diletakkan sedekat mungkin di depannya atau di belakangnya.

Contoh:
He shouted loudly. Ia berteriak dengan keras
He is quite right. Ia sungguh benar
She did her work very well. Ia mengerjakan pekerjaannya dengan baik sekali

b) Predicative use (pemakaian predikatif)

Adverb dipakai secara predikatif, bilamana adverb dijadikan bagian dari predikat sebuah kalimat, atau jelasnya, bilamana ia dipakai sebagai komplemen dari kata kerja yang mendahuluinya.

Contoh:
The struggle is over. Perjuangan telah selesai
She will be better soon. Ia akan segera lebih baik keadaan kesehatannya

The two girls are much alike. Kedua gadis itu serupa betul
INTRODUCTION:

A gerund is the –ing form of a verb used as a noun. A gerund is used in the same ways as a noun, i.e. as a subject or an object.

Example:

Playing tennis is fun. (playing is a gerund. It is used as the subject of the sentence. Playing tennis is a gerund phrase).

We enjoy playing tennis. (Playing is used as the object of the verb enjoy).

He’s excited about playing tennis. (playing is used as the object of the preposition about.

The use of gerund:

1. Using gerund as the objects of prepositions:

We talked about going to Bali for our next vacation.

Andy is in charge of organizing the meeting.

He is interested in learning more about Biology.

2. Using gerund as the objects of certain verbs;

I enjoy playing tennis.

Rudy quit smoking.

Andy gave up smoking

3. Using gerund after preposition.

She is used to sleeping with the window open.

Rudy accustomed to sleeping with the window open.

My aunt looks forward to going home next month.

They object to changing their plans at this late date.

4. Negative form: not preceded a gerund.

We talked about not going to the meeting, but finally decided we should go.

5. Either infinitive or gerund can be the subject of a sentence when an action is being considered in a general sense. We can say:

Reading French is easier than speaking it or

It is easier to read French than to speak it.

No smoking, no fishing and no waiting. (the gerund is used in short prohibitions)

6. As a complement of a verb:

Her hobby is painting.

7. Using gerund after “go”. Go is followed by a gerund in a certain expressions to express, for the most part, recreational activities. Such as:

Did my mother go shopping?

My uncle and friends went fishing yesterday night.

List of verbs followed by gerund:

- enjoy – stop – consider (think about)

- appreciate – avoid – discuss (talk about)

- mind – postpone (put off) – mention

- quit (give up) – delay – suggest

- finish (get through) – keep (keep on)

The following verbs can be followed by either the infinitive or the gerund with no change in meaning.

- begin – cannot stand – continue – dread

- hate – like – love – prefer

- regret – start – try

e.g.: – He started to study after dinner or He started studying after dinner.

- John hates to ride his bicycle to school or John hates riding her bicycle to school.

Verb + preposition followed by the gerund.

a. verb + preposition:

- enjoy – stop – consider (think about)

- appreciate – avoid – discuss (talk about)

- mind – postpone (put off) – mention

- quit (give up) – delay – suggest

- finish (get through) – keep (keep on)

Object to, look forward to and confess to = the to here are the preposition, so do not confuse with the to in the infinitive.

b. Adjective + preposition:

- accustomed to – afraid to – capable of – fond of

- intent to – interested in – successful in – tired of

C. Noun + preposition

- choice of – excuse for – intention of – method for

- possibility of – reason for (method of)

Exercises 1:

Supply an appropriate preposition and verb form.

E.g.: – Ali isn’t interested in (look) looking for a new job.

Harry is excited ……. (leave) …… for Bali.

You are capable …… (do) ….. better works.

Fredy is always complaining ……. (have) …… a headache.

Instead ………. (study) …….., Harry went to a football game with his friends.

He showed us how to make a robot ………. (draw) …… a schema.

I have no excuse ………… (be) ……….. late.

Rina had a good reason ….. (go, not) …… to class yesterday.

I apologized to Ali ….. (make) ….. him wait for me.

The weather is terrible tonight. I don’t blame you ……. (want, not) …….. to go to the meeting.

I’m going to visit my family during the vacation. I’m looking forward ……. (eat) ……. My mother’s cooking and (sleep) ……. in my own bed.
About these ads
Share this:
Twitter1
Facebook8
Like this:
Suka Memuat...